Kalau pindah-pindahan begini, gue & Baim biasanya mengalokasikan ekstra tenaga & waktu untuk menyiapkan 3 hal utama: sandang, pangan & papan. Urusan sandang & papan untuk disini udah beres. Nah pangan a.k.a urusan perut ini soal lain.

Baca prakiraan cuaca di yr.no, katanya pas hari kami tiba di Tromsø itu suhunya bakal -7'C sampai -5'C, bersalju & berangin. Setidaknya sampai 2-3 hari kedepan. Si Ibu yang ikut baca prakiraan cuaca langsung bertitah: “Bawa indomi dari sini! Beli bubur instan! Abon sapi! Sama popoknya Alma!!!”

Titah Ibu adalah restu Allah. Maka dari itu dibela-belainlah kami bawa stok indomi, abon sapi, bubur instan & rendang dari Indonesia 😆

Ransum makanan tersebut aslik bukan buat obat kangen, melainkan untuk bertahan hidup di hari-hari awal setibanya di sini. Toh belum tentu begitu kami menginjakkan kaki langsung lulus beradaptasi dengan iklim sub-arctic, trus kucuk-kucuk kemulan belanja ke toko terdekat (yang mana kata temen disini toko terdekat = minimal jalan kaki dulu 500-800m atau dicapai dengan sekali naik bus). Trus namanya ransum yah ransum. Jadi sedari di Indonesia udah kami niatin, kalau ransumnya habis ya sudah… Habis cerita. Cukup dikangen-kangenin aja tapi nggak usah dicariin sampai desperate gimanaaa gitu. Apalagi Tromsø bukan tempat yang biasa ada orang Indonesia datang kesana, jadi gue pun nggak ngarep-ngarep amat bakal ada yang melipir ke kota ini & mau dititipin segala kencur, abon, sambel atau bawang goreng. Palingan ntar mengandalkan apa yang ada di toko bahan makanan asia. Yatapi kalo ada yang mau berbaik hati ngirimin dari Indonesia sih alhamdulillah banget *ngarep*. Sengaja pula bawa ransumnya secukupnya saja biar 'memaksa' kami untuk beradaptasi dengan makanan di sini. Kan teorinya only the fittest will survive (…anak biologi penganut mahzab darwinian, ceritanya). Nggak beradaptasi, yah siap-siap menderita sendiri.

Selama perjalanan, gue degdegan aja mikirin apakah stok ransum kami bakal lolos atau tidak. Terutama si rendang, karena ada peraturan bahwa Norwegia tidak menerima masuk segala produk daging, seafood, buah & susu selain dari sesama negara Uni Eropa. Tapi bukan Aini kalo nggak ndableg keukeuh pengen bawa rendang dari tanah air. Eh bukan rendang aja sik, tapi petis & terasi juga (terimakasiiiih Otty!). Lagipula rasanya belum afdol jadi orang Indonesia kalo belum lintas benua nyelundupin sekilo rendang…. *alasan yang salah*. Sedikit tips untuk nyelundupin rendang lintas benua: bawanya rendang yang kering, trus nggak usah banyak-banyak, rendangnya dibungkus plastik kedap udara, dibungkus lagi dengan clingwrap tebal-tebal, trus dimasukin ke wadah tupperware, trus ditaro dalam koper yang masuk ke bagasi. Dan jangan lewat Frankfurt, Australia atau Amerika yang petugas pemeriksaannya terkenal parno 😛 Begitu nyampe di Oslo & siap-siap check-in bagasi untuk lanjut terbang ke Tromso, alhamdulillah…. Si rendang selamat! Cuma pas mau ke Tromsø sempet kena random check aja. Kalo kena random check begini jadi suka penasaran menduga-duga: is it because we 'beeped' more than once pas ngelewatin gate x-ray atau karena penampakan kami yang tidak eropawi? 😛 Tapinya ternyata nggak cuma kami yang kena random check, yang bule-bule juga banyak kena. Plus di bandara Oslo kemarin random check-nya kerasa manusiawi… Maksudnya baru kali ini kena random check tapi muka petugasnya nggak bete pengen disambelin kayak pas masuk ke Indonesia, Malaysia, Ostrali atau Ameriki.

Begitu tiba di Tromsø (28/2), jengg jengg jreeengg… Beneran aja disambut suhu -5'C, berkabut & basah dingin. Nggak salju berangin sih, karena hembusan kencang saljunya udah duluan turun & sukses bikin pesawat yang kami naiki muter-muter di udara sebelum bisa mendarat. Kami dijemput oleh salahsatu anggota lab rekannya Baim, dari airport konvoi by taxi ke rumah. Nyampe rumah, taro koper trus ditatar sedikit tentang isi rumah… Baru deh kerasa capek & lapernya. Disaat inilah ransum beraksi sebagai PERTOLONGAN PERTAMA PADA KELAPARAN & KEDINGINAN!! Langsung buka koper, ambil rendang diangetin & indomi direbus. I tell ya, makan indomi sama rendang pedes-pedes disaat suhu dingin minus lima itu LEBIH NIKMAAAATTT daripada makan indomi rebus kuah soto cabe rawit telor ceplok di kantin Mahatani saat hujan-hujan deras nungguin waktu praktikum. Yummo.

Dua hari setelah tiba, barulah stok ransum habis. Bukan menipis lagi, tapi habis… hihihi. Tinggal kopi sama teh aja. Ya sudah, berarti memang sudah saatnya untuk belanja. Sabtu pagi saat matahari bersinar cerah, keluar bertiga deh ke supermarket dekat rumah. Beneran deket kok, 500m jalan kaki aja dari rumah. Cuma berasa jauh karena jalannya naik-turun tanjakan dan penuh es dimana-mana. Es! Bukan salju lagi yang empuk grainy buat diinjek. Penasaran gimana rasanya jalan di es? Ya kayak jalan di lantai kamar mandi yang dingin lumutan aja… Licin, cyiinn. Seru banget belanja jarak 500m doang medannya serasa hiking puncak Jaya Wijaya #lebay Begitu nyampe rumah abis belanja, rasanya lega banget & pengen joget-joget Dora sambil nyanyi “Berhasil!! Berhasil!!!”


Sengaja ke supermarketnya pagi-pagi, mumpung masih sepi penduduk aslinya belum bangun abis semalam hangover. Dan beneran aja loh, kami jadi pengunjung pertama supermarketnya, nyahahahahaaa… Bebas menggasak barang-barang segar & promo diskonan. Oia, ternyata orang-orang sini tu sadar diskon & nyari harga promo lho. Meski GDP-nya terbesar kedua sedunia, tetep aja mereka ikut bejubelan pas sale, nyetok makanan murah di groceries. Trus kalo hari Minggu, semua toko tutup. Yang buka cuma minimart macem Sevel di pom bensin gitu dengan harga makanan yang lebih mahal. Dari ceritanya Baim pas sorenya ke supermarket lagi, disana penuh orang & barang-barang yang lagi promo either nyisa beberapa bijik di rak atau raknya udah pada kosong.

 

Perdana belanja di supermarket dekat rumah, ada beberapa hal yang gue perhatikan. Salah satunya… Mbak-mbak supermarketnya cantik-cantik yaaaa! Semodel sama yang suka lenggak-lenggok di FashionTV atau yang nampang di katalog asos.com. Cantiknya skandinavia gitu. Jadilah tiap nanya-nanya ke embak supermarketnya pake bengong terkesima dulu… Plus ndangak, soalnya pada tinggi-tinggi 😆

Trus ternyata di supermarket ini jual JAHE SEGAR, JERUK NIPIS & CABE RAWIT!!! *joget-joget* Mari kita berharap nanti jual sereh & tempe juga, aamiin! Seneng deh lihat stok sayur, bumbu & buah-buahan segar di supermarket ini, hampir bisa dibilang sagala aya lah kalo buat kebutuhan sehari-hari. Stok sayuran atau buah di rumah abis? Roti & susu tinggal seiprit? Tinggal nggelinding aja ke supermarket *gayaaaa*


Oia, karena disini kemana-mana by bus & by kaki, jadinya agak susah juga buat belanja bulanan segambreng-gambreng a la Indonesia. Ahirnya kami targetkan buat belanja mingguan aja. Yang penting sembako macam gula, garam, pasta, minyak, beras, ayam beku, fillet ikan & bumbu kalengan udah well stocked dulu.

Trus katanya yah, salah satu culture shock pas awal-awal pindah kesini itu kerasa BANGET saat mengkonversi harga barang-barangnya ke rupiah 😆 Nah biar gak kejang-kejang kaget, sampai sekarang gue nggak pernah mengkonversi belanja selama dua minggu ini ke rupiah. Serius, nggak pernah. Yang mana jadi inget pas weekend kemarin skype sama Bunda di Bogor. Di tengah-tengah percakapan tiba2 bunda manggil:

Aini, inget ya…”

Gue udah siap-siap aja buat nerima wejangan nasehat semacam “inget sholat ya…” atau “inget baca quran ya…”

Iya bunda? Kenapa?”

Inget ya… Kalau belanja disana jangan di-kurs-in ke Rupiah. Pokoknya jangan, belanja mah belanja aja! Kalo nggak, ntar nggak makan-makan loh.”

Kirain apaan, bundaaaaa 😆

Meskipun supermarket di dekat rumah ini terhitung premium (harganya slightly more expensive daripada barang-barang di hypermarket), tapi menurut gue sih selisih total belanja disana dengan belanja di hypermarket masih lebih murah daripada ongkos bus bolak-balik ke hypermarket di tengah kota. Penasaran semahal apa busnya? Siap-siap kaget ya di cerita selanjutnya 😀