Pernah gak makan ice-cone di tengah-tengah siang bolong yang terik ? Uiiih, pasti enak ya… merasakan manisnya krim dingiiiin saat udara panas lagi seru-serunya ngebakar Jakarta. Tapi jujur deh, suka terganggu gak oleh leleran eskrim yg mencair & jatuh ke tangan yg sedang megang ice cone ? Gak enak kan rasanya ? Yup, bikin lengket !

Perasaan meleleh-dan-lengket-bikin-gak-betah seperti itu yang gue rasakan saat kepanasan. Lebih spesifik, kepanasan di udara yg lembab. Entah itu waktu jalan siang-siang bolong di trotoar MH Thamrin, waktu terperangkap di Metromini 610 menuju Blok M, atau sebulan terakhir ini di Penang. Uiiiih, yang terakhir itu, panasnya… kagak nahan deh. Biarpun cuaca disini ganti-gantian sama hujan, tetap aja, panasnya bikin meranggas.

Begitu beraktivitas dlm cuaca panas, muncul deh serangkaian reaksi kayak berkeringat (terlalu) banyak & kulit gue lecet merah2. Gue memang gampang banget berkeringat saat cuaca panas; namun jeleknya, gw gak tahan sama cuaca panas. Saat kepanasan & keringetan banyak, gue bakal kehausan sampai2 bisa menghabiskan air seliter sekali minum (memang, agak2 mirip kayak onta yah…). Lupa minum ? Jederrr…ambruk. Apalagi pas tinggal di Penang. Kalau jalan-jalan di siang hari, gue akan membekali diri dengan sebotol besar air putih. Kalo lupa bawa, mampir dulu di toko terdekat, beli sebotol air putih. Baim aja sampai heran melihat betapa banyaknya gue menenggak air.

Berkeringat saat udara panas juga bikin kulit gue bereaksi; saat perasaan meleleh-dan-lengket-bikin-gak-betah itu berlangsung lama, langsung deh di kaki atau tangan gue muncul bintik2 merah (biang keringat) yang gatelnya alamaaaaaak… gak tahan !! Kalau digaruk bikin lecet, tapi kalau gak digaruk rasanya gak betah setengah-idup. Akibatnya selain harus sering2 membubuhkan salep hidrokortison (atau bedak bayi supaya kulit tetap kering), cucian gue juga jadi banyak karena gue harus mengganti t-shirt yang basah oleh keringat dengan t-shirt baru agar tidak memicu munculnya biang keringat. Bagusnya, meski cucian gw jadi banyak, semua cucian itu cepat kering karena udaranya panas ajah. I guess, ada hubungan resiprokal disini, hehehe.

Beberapa minggu yang lalu saat ngumpul sama teman2nya Baim, kami semua ngobrolin tentang cuaca Penang yang puanas ini. Kebanyakan dari mereka hanya merasakan panasnya Penang yg menyengat saat keluar lab untuk shalat atau makan siang, karena hampir sepanjang hari mereka bekerja dalam lab yg full AC. Hehe, gue jd inget jaman kerja dulu…karena sehari-hari berada di ruangan ber-AC, maka secara gak sadar badan gue merasa gak butuh minum. Begitu keluar ruangan… langsung meleleh deh.

Trus, salah satu teman kami, Firal, nyeletuk kalau Jumat siang kemarin suhu tertingginya Penang tercatat 35’C & rata2 suhunya tercatat 33’C. Buset… cuma beda dikit dari suhu tubuh gue. Naik 5 derajak kayak di gurun pasir sana, mungkin gue udah mateng yah…

Then, iseng-iseng gue mengkonfirmasi celetukan Firal di situs yahoo!weather. Gue juga penasaran, berapa sih suhunya Penang yang tiap hari bikin gue kayak es krim meleleh begini. Pas gue baca… bener lho, average temperature-nya Penang nyampe 33’C. Untuk hari ini saja, tercatat suhu tertingginya Penang di wilayah Bayan Lepas adalah 31’C… dengan kelembaban 70% pula, OMIGOD !!! Gak heran, dengan udara selembab itu, suhu 31’C aja bisa terasa kayak 37’C. Belum lagi kecepatan angin bisa ngaruh ke suhu tersebut. Mau tahu gambaran rasanya panas di udara yang lembab ? Kira2 mirip-lah kayak berada di dalam panci isi air panas yang ditutup, penuh uap air. Suhunya beda, tapi kira2 rasanya kayak gitu. Untuk lebih serunya lagi, di situs itu, gue baca kalau cuaca panas ini masih akan berlanjut sampai akhir Oktober. Great….!!!!

Trus, gue bandingkan dengan suhu Jakarta di siang hari ini. Mau tahu berapa suhu tertinggi yg dicapai…? 35 derajat Celcius. Dengan kelembaban 40%. Wow.

Yang bikin gue ngakak, suhu yang ditampilkan di yahoo!weather itu selalu disertai tulisan “feels like xx-degree Celcius”. Gue gak tahu fungsinya keterangan tersebut untuk apa, yang pasti gue ngerasa agak nggak beradab saat ngakak karena baca tulisan “…feels like…” tersebut 😛 Untuk Penang, hari ini tertulis 31’C but feels like 37’C; sementara untuk Jakarta, tertulis suhunya 35’C but feels like 43’C. Trus gw inget kemaren temen gue, Putri, bilang kalau suhu Jakarta mencapai 39,2′ C. Ya ampun…kalo segitu suhunya, berasa kayak berapa derajat Celcius ??

Mateng, mateng deh tuh… semua penduduk Jakarta yang siang-siang gini wara-wiri di jalan !!!