Aaah… Summertime.

Setelah tiga bulan dihajar suhu musim dingin & hari-hari penuh hujan, baru ngerti deh sekarang betapa nikmatnya musim panas 😆 Kata prof.nya Baim sih musim panas di Tromsø tahun ini termasuk nggak lazim, karena suhunya udah di atas 20 derajat celcius & berlangsung lebih dari 20 menit. Ampe malam kalo tidur udah nggak pake selimut lagi. Pernah sih satu hari itu suhunya mendadak drop jadi 5 derajat celcius… Tapi besoknya langsung balik lagi di atas 20 derajat celcius. Suhu paling tinggi yang tercatat itu hari Sabtu kemarin, antara 23-24 derajat celcius. Orang se-Tromsø pada tumpah-ruah kumpul di pusat kota, pake baju lekbong & celana pendek menikmati limpahan sinar matahari. Ini baru Juni, berarti Juli dan Agustus nanti bisa lebih panas lagi 😛

20 derajat celcius sebenarnya nggak sumuk-sumuk amat sih… Kalo sepanjang hari dihabiskan di luar rumah. Rumah-rumah skandinavia pada umumnya dirancang untuk 'menangkap' panas, supaya tetap hangat dihuni selama musim dingin. Itu kalo musim dingin. Lha kalo musim panas trus 'kehangatan'nya terperangkap di dalam rumah? Ya bayangkan sendiri… Di luar 20 derajat celcius, tapi di dalam rumah bisa lebih panas lagi 😆 Makanya di musim panas ini banyak orang memilih lebih sering outing, nggak mendekam sumuk di dalam rumah. Hiking, naik gunung, mancing, sepedahan, benerin rumah, berkebun, berenang di pantai, ngundang temen-temennya masak bakar-bakar di halaman, sunbathing (kayak mbak2 mahasiswi di rumah seberang yang pada doyan berbikini-ria & lesehan berjemur), jalan-jalan spanjang hari ke kota sambil cucimata di bazaar, atau sekedar selonjoran di balkon rumah nenggak minuman dingin sambil liatin anak-anaknya lelarian di pekarangan. Pokoknya banyak-banyakin kena sinar matahari lah, musim panas adalah waktunya nabung vitamin D… mengkompensasi musim dingin lalu yang mataharinya super-irit.

Kalau di rumah, saban pagi melek mata langsung buka-bukain semua jendela & pintu balkon. Biar udaranya ngalir, nggak sumuk. Meski suhunya hangat, angin dari luar sana enak: sejuk sepoi-sepoi. Pintu balkon baru ditutup kalo udah sore. Tapi kadang sampai sebelum tidur pun masih kami biarin ngablak, biar sejuk. Nah kalo yang ini ritual favoritnya Alma: tiap pagi geret kolam bebeknya ke balkon, pake kacamata item & berjemur deh:

Kalo Alma udah puas berjemur, sementara dia lanjut lelarian main di halaman, gantian emaknya yang gelar tiker & selonjoran di balkon. Nggak… Nggak sambil sunbathing kok, bisa-bisa tetangga pada panik ngirain ada dugong berjemur di balkon. Lebih enak sambil nyeruput es teh manis dong… Uuuuw yeah! Kalo es teh manis terlalu biasa, biar luar biasa tambahin aja potongan buah-buahan yang lagi musim. Kebetulan di kulkas selalu nyetok strawberry & bilberry, tinggal diulek & masukin ke seduhan teh. Aduk, kasih gula, taro di freezer barang 15 menit biar cepat dingin.

Berry Iced Tea

  • 2 kantong teh celup (pakai yellow atau black tea)
  • 1/2 cup potongan buah beri (mo pake strawberry, blueberry, bilberry, raspberry… Mo pake mangga ato lemon pun juga enak!), mau diulek juga boleh.
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • Gula secukupnya
  • 500 ml air panas
  • Cara bikinnya gampang: bikin teh celup panas seperti biasa, tambahkan potongan/ulekan buah-buahan. Tutup, diamkan 15 menit sampai wangi buahnya infused. Tambahkan gula, aduk sampai gula larut, pakein es batu & langsung sajikan. Atau bisa juga tambahkan segelas air lagi & dinginkan 15 menit dalam freezer, kemudian sajikan.

Bener-bener suegerrrr, nyeruput es teh ini sambil merem-melek kena hembusan summer breeze. Well, yang bisa ngalahin segernya cuma selonjoran di pantai Natsepa sambil nyeruput air kelapa muda 😆