Ini salahsatu makanan yang gue bikin untuk Alma. Gara-garanya, kasihan lihat Alma gemes tiap kali alpukat yang dilahapnya licin-licin saat dipegang. Yang ada tu alpukat jatoh-jatoh mulu, instead of masuk mulut & dilahap. Keburu bete deh anaknya πŸ˜† Akhirnya sekalian aja alpukatnya dihaluskan, lalu dicampur cream cheese. Puree alpukat keju ini dioleskan ke roti gandum yang sudah dibakar. Berikut jumlah & takaran bahan yang dipakai :

2 lembar roti gandum
1/2 buah alpukat
3 sdm cream cheese (pilih cream cheese yang sudah dipasteurisasi; jangan beri produk non-pasteurized kepada anak-anak)
1 sdm air lemon (optional)
Sedikit merica

Cara bikinnya… ya tadi itu : kerok alpukat, lalu haluskan bersama cream cheese (di-mashed biasa dengan garpu pun boleh). Beri sedikit merica & air lemon, aduk rata.
Puree yang sudah jadi ini dioleskan tebal-tebal pada roti gandum, rotinya ditangkupkan, lalu bakar roti sebentar sampai kecoklatan garing.
Potong-potong sandwich jadi bentuk yang mudah dipegang si kecil, lalu sajikan πŸ™‚

Gue sering bikin cemilan macam ini, sekalian untuk makan siang Alma. Simpel. Isinya bisa puree bermacam-macam buah & sayur; bisa juga dicampur telur rebus atau puree daging. Yang penting konsistensi puree-nya sangat kental ya, kalau nggak rotinya jadi basah & mblenyek hancur saat digenggam si kecil. Asik deh… sekali masak buat Alma, gue juga bisa ikutanΒ  makan πŸ˜‰

Untuk saat ini, Alma belum melahap rotinya sih… tapi dia asyik menyesap-nyesap puree isi rotinya sampai habis. Roti bakarnya cuma dia pakai sebagai alat untuk mengasah-gusi, sambil belajar mengunyah.

Dengan begini dia nggak perlu gemes lagi sama alpukatnya πŸ˜›