Tiga-hal yang terasa sangat-sangat-sangaaat menyenangkan selama mengandung si baby :

1. Waktu lihat gambar USG si baby (even kalau gambarnya buram gak jelas πŸ˜› )
2. Saat merasakan tendangan-tendangan kecilnya dari dalam perut (apalagi klo ngerasainnya berdua Baim πŸ™‚ )
3. Pas bikin shopping-list & survey barang-barang perlengkapan baby πŸ˜†

Yang poin #3 itu sebenarnya favorit sang emak ajah… bapaknya mah cuma geleng-geleng-kepala. Tahu sendiri gimana kalapnya cewek kalo udah urusan belanja. Baru bikin list-belanjaan aja udah semangat ’45; gimana ntar pas belanja, hayo ? πŸ˜†

Sayangnya, kemungkinan besar disini gue akan belanja berdua aja dengan Baim. Padahal sejak dulu udah membayangkan serunya hunting perlengkapan bayi bersama nyokap tercinta (mengulang kesuksesan Oktober 2009 kemaren).Β  Tapi no problemo… semoga aja kaki kami bisa kuat diajak kelilingan survey ke berbagai toko. Dan kalau harus belanja berdua-saja, pilihannya antara nyicil-belanja selagi stamina badan kuat & kaki nggak gampang capek (means, di bulan-bulan ini… yang mana agak melanggar “pakem-belanja-setelah-hamil-7-bulan”), atau nanti dibanyakin belanja online aja. Begitu kedua pilihan tersebut di-shared ke Baim, matanya Baim langsung ijo pas dengar “belanja-online” πŸ˜† Yup, Baim udah menyatakan kalau untuk urusan penyediaan dana & belanja online, beliau siap untuk diandalkan setiap saat. Hehe, inilah asyiknya punya suami yang doyan “gentayangan” di eBay πŸ˜†

Untuk jenis barang & harganya, jelas disini beda banget dengan JKT. Di JKT tu enak… udah tempat belanjanya banyak (ITC ada dimana-mana, Tenabang pun isinya sagala aya), harganya miring & pastinya ada sang Ibunda sebagai partner-belanja & penasihat utama shopping-spree. Kalau sama Ibu, selain beliau udah makan asam-garam soal belanja kebutuhan bayi, mau belanja dari pagi sampe sore mah hayuuukkk… selama kaki belom gempor πŸ˜†

Jujur aja, karena jauh dari Ibu & tanah air tercintah, gue merasa clueless saat harus bikin list belanjaan si baby *Ibuuu… HELP,Β  i need youuu*. Saban tanya ke Ibu tentang shopping list for newborn baby, beliau hanya menjawab “Sabar. Nanti aja, sayangku. Belanjanya mulai dicicil pas masuk hamil tujuh bulan, ya”. Jadi yang mentok-mentok disurvey cuma barang-barang yang terlintas di otak seperti gendongan bayi, popok, peniti, baju & bedong. Tapi begitu tahu “kenyataan” yang sebenarnya, langsung panik-suranik πŸ˜† Bujubuset, ternyata banyak aja ya perlengkapan bayi yang harus disiapkan… apalagi ini buat anak pertama (kalau anak kedua kan bisa pakai lungsuran dari kakaknya). Harus nyiapin rak botol juga, sterilizer, breastpump, baju hangat, matras latex, bak mandi bayi, alas ompol… bweh, banyak ajah. Daripada kantong jebol-seketika, sepertinya lebih enak buat nyiapin perlengkapan bayi yang mendasar dulu, yang akan segera dipakai baby saat lahir sampai nanti berusia 6 bulan. Selain terkait urusan budget, nyokap juga bilang bayi itu tumbuhnya cepat; kalau nggak jeli, bisa aja beberapa benda yang udah keburu dibeli hanya muat dipakai sebentar. Nah lho… sedih juga kan kalo beli baju atau sepatu lucu, tapi cuma muat dipakai sebentar.

Alhamdulillah setelah nggratakan mencari-cari di internet, agak-agak terbantu pas baca list mom & baby gear di babycenter.com & whattoexpect.com. Trus,Β  dapat banyak info juga setelah baca Supernanny in Baby Care; isinya membimbing pembaca untuk secara realistis membuat shopping-list for baby dengan memperhitungkan usia pakai, necessity & isu-keselamatan terkait dengan perlengkapan bayi tersebut. OK, mulai ada bayangan harus nyiapin apa aja, tapi… di ketiga sumber tersebut perlengkapan bayinya banyak merujuk ke kondisi & kebutuhan hidup di negara-negara northern-hemisphere sana, bukan negara tropis kayak sini. Jadi kembalilah saya mencari info lagiii… dan terdampar di thread shopping-list for newborn urbanmama. Wooooo-hooo, ini cihuy deh : selain banyak mamas & papas yang ikut sharing shopping-list a la Indonesia, dibahas jugaΒ  barang-barang yang penting disiapkan untuk bayi di usia 6 bulan pertamanya. Dari obrolan di forum urbanmama juga gue baru tahu kalau pemakaian gurita sudah nggak di-encouraged (terutama oleh DSA), karena beresiko membuat pertumbuhan tulang rusuk & paru-paru bayi jadi nggak optimal, menghambat pernapasan, mengganggu kerja jantung di hari-hari pertama bayi, plus memicu kulit bayi kena keringat-buntet kalau dipakai di tempat-tempat beriklim panas. Iya sih… mungkin pas jaman dulu maksudnya para ortu tu baik : takut puser anaknya bodong & badan anaknya kedinginan; maka jadilah dibebat pake gurita. Sebaliknya untuk bedong; pemakaian bedong justru sangat didukung untuk membuat newborn baby merasa nyaman & cukup hangat, terutama disaat tidur.

Kalau hasil survey dari internet & buku tersebut boleh dirangkum, benda-benda yang sebaiknya “dicoret” dari shopping list for newborn-baby (terkait dengan isu kesehatan & keselamatan) adalah :

  • nose aspirator/syringe a.k.a sedotan hidung
  • minyak kayuputih & minyak gosok (oinment) lainnya
  • bed-cover (duvet) & selimut bayi dari bahan yang tebal seperti quilt dacron & bahan berbulu
  • gurita
  • bantal, guling bayi & kasur yang terlalu empuk/melesak (sebaiknya pakai firm-mattress dari latex; kalo mau pakai bantal, katanya mendingan pakai bantal peyang atau bantal donat)
  • bedong dari bahan flanel, karena bahannya sumuk (kecuali kalo bayinya tidur di tempat dingin ber-AC. Sebaiknya pakai bedong berbahan katun atau muslin)
  • Alkohol 70% untuk mengobati bekas luka pusar atau pusar yang belum puput (ini masih kontroversi, karena sebagian orang bilang harus pakai supaya steril, tapi ada juga DSA yang bilang alkohol mengiritasi kulit bayi & membunuh bakteri-bakteri baik di kulit yangΒ  membantu proses penyembuhan bekas luka puput)
  • Bedak tabur (kalaupun mau pakai, pilih yang talc-free & serbuknya terbuat dari cornstarch)
  • Baby-walker

Trus… beberapa tips & trik untuk nyiapin baby-stuffs yang juga berhasil dikumpulin (baik dari internet, buku & hasil tanya-tanya kesana-sini) :

  • Beli baju bayi yang bahannya adem, nyaman & sizing-nya berpatokan ke berat badan bayi, bukan usia bayi. Tapi kyknya susah juga yah; disini yang gue temukan, mostly sizing-info baju bayi tu patokannya pake usia bayi… buat amannya akhirnya beli yg ukuran 0-6 bulan atau 3-6 bulan (belinya jadi dirasa-rasa gitu, pusing deh :-P)
  • Untuk changing table, lemari baju, bak mandi bayi, kereta bayi & boks/keranjang tempat tidur bayi boleh aja pakai yang lungsuran, tapi untuk matras/kasur & baby car seat sebaiknya selalu beli & pakai yang baru.
  • Beli baju bayi secukupnya aja (terutama untuk baju bepergian) karena bayi tumbuh cepat. Later untuk baju-bajunya bisa dicicil-beli setelah bayi lahir. Sayang juga kalau udah beli selusin tapi malah dipakai sebentar. Sebaiknya perbanyak beli baju-rumah berupa rompi katun tipis dengan tali/velcro-snap.
  • Kalau beruntung dapat lungsuran, bisa aja gunakan popok, alas ompol & baju-rumah lungsuran (asalkan bersih) karena bakal sering kena gumoh, pipis, pup, dsb. Ibu… aku jadi dapet lungsuran baju rumah & popok-popok jaman dahulu kala, kan ? πŸ˜€
  • Newborn-baby suka digendong, jadi disarankan untuk punya baby sling-carrier yang bagus, bahannya sejuk untuk si baby & nyaman dipakai oleh ortu saat menggendong
  • Siapkan stok alas ompol (atau popok kain) yang rada banyak; pada cuaca panas, popok tetra tipis bisa dipakai sebagai bedong, sedangkan popok muslin/katun bisa diberdayakan sebagai lap-serbaguna yang disampirkan di pundak ibu/ayah untuk mengelap gumohnya bayi.
  • Untuk ibunya, siapkan nursing-bra yang nyaman & disposable breast-pad dalam jumlah cukup untuk menyerap sisa ASI yang masih menetes (daripada ASI-nya mbleber & nyeplak di baju ?)
  • high-chair lebih baik dibeli setelah bayi berusia >6 bulan
  • beli diaper-bag yang bahannya durable, mudah dibersihkan, cukup besar, dan… bisa dipakai baik oleh ibu maupun ayahnya πŸ˜‰ Jadi, bagaimana dengan diaper-bag Kate Spade ? Tetap mauuuu dong πŸ˜†Β  BabySherpa juga keren sih; berminat mau ngasih ? Boleh banget lhooo πŸ˜€
  • Perlak waterproof sangat-sangat berguna, baik sebagai alas tidur (pelapis kasur), alas untuk memandikan bayi, alas untuk ganti popok, maupun alas untuk bermain. Beli lebih dari satu.
  • Beli nursing-pillow, katanya ngebantu supaya nggak pegel saat menyusui (OK, noted)
  • Kalau ada extra-budget, silakan beli changing table, swing-chair/rocker/bouncer, play-mat, baby-monitor, bottle-sterilizer & milk-bottle-warmer
  • Saat berbelanja barang-barang kebutuhan bayi, perhitungkan juga iklim daerah setempat & musim saat bayi lahir. Ada mama yang sharing kalau dia udah keburu beli banyak popok prefolds & ternyata bayinya lahir di bulan Desember, dimana hujan sedang turun deras-derasnya setiap hari. Walhasil tiap kali prefolds dicuci, butuh waktu lama untuk kering sehingga sang mama harus kembali bergantung kepada pospak/disposable diapers (yang mana sebenarnya dia nggak pengen).
  • Semua perlengkapan bayi udah ngejogrok, dicuci bersih & siap-pakai maksimal sebulan sebelum delivery due-date
  • Biar sang mama-papa baru nggak terlalu capek di minggu-minggu awal setelah bayi lahir, sebaiknya siapkan stok makanan siap-santap di kulkas yang tinggal dipanaskan saat hendak disantap. Atau, tempelkan nomor telepon delivery service makanan di tempat yang mudah dilihat πŸ˜† Juga disarankan untuk membuat jadwal pengerjaan tugas-tugas rumahtangga seperti kapan harus nyuci baju, nyuci popok, nyapu & ngepel… (idealnya sih begini yaa πŸ˜† )

Ehmmm… segitu aja sih beberapa info yang bisa dikumpulin dari hasil survey ke beberapa forum & situs. Dan setelah ngebandingin kesana-sini, pake kacamata kuda (biar nggak kalap pengen ini-itu πŸ˜† ) & semedi nyari wangsit, akhirnya tuntas juga bikin list_belanja_babyitems ini. Isinya gak macem-macem, fokusnya cuma bare necessities kebutuhan bayi usia 0-6 bulan… tapi kalau ada yg berminat mau ngunduh file-nya, monggo silahkan πŸ™‚ Mamas & Papas yang sudah berpengalaman, ada yang mau nambahin, kasih saran atau klitikan, eh, kritikan ? Monggo lho… really appreciate πŸ™‚

Trus… dari hasil survey ke sana-sini juga, kami memutuskan untuk beli sling-carrier & baby travel-cot yang rada bagusan. Baby travel-cot lumayan menguntungkan mobilitas kami yang masih nomaden… karena cukup kokoh, bisa dilipat, mudah dibersihkan & sekaligus ringan untuk dibawa bepergian. Lagipula first thing first, mendahulukan item sesuai urgensi & budget yang tersedia. Beli stroller-nya jadi ditunda dulu, meski kami udah terngiler-ngiler sama stroller Quinny Zapp atau SweetCherry πŸ˜†Β  Oleh karena itu, stroller dimasukin ke wishlist kado buat si baby aja, yaa… *sambil melirik penuh makna ke para nenek, kakek, eyang, tante dan oom* πŸ˜†

Diatas semuanya, tips paling penting saat nyiapin & belanja perlengkapan bayi adalah : selalu minta “ahlinya” untuk mendampingi, biar belanjanya sesuai kebutuhan & terkontrol alias nggak kalap πŸ˜† Biarpun udah survey sana-sini, tapi untuk tips-tips practical, lebih afdol berguru langsung ke nyokap tercinta. Dalam hal ini, berharap banget ntar bisa bergantung ke pengalamannya Ibu. Hahaa, semoga nyokap baca postingan yang ini deh, sekalian biar dikoreksi πŸ˜€ Jadi Ibu, tanggal berapakah Ibunda terbang ke Penang ?