Dua minggu lalu, gue nonton film ini sama Baim. Yang main di film ber-genre komedi ini ada Ben Stiler (+produser juga), Jack Black, Robert Downey Jr., Nick Nolte, dan… Tom Cruise (bagi yang bisa nebak Tom Cruise jadi siapa dalam 10 detik kemunculan pertamanya di film itu, jago bgt dah. gue salut).

Satu kata untuk film ini :

GILAK. GILAAAAAK…!!! (ROFL)

Film ini dibuka dengan adegan pembuatan film perang berbudget gila-gilaan berjudul TROPIC THUNDER, yang diadaptasi dari kisah nyata seorang veteran perang Vietnam, John”Four Leaf”Tayback (Nick Nolte). Para tokoh utama dalam film-tentang-perang-vietnam ini ceritanya dibintangi oleh Tugg Speedman (Ben Stiler), Jeff “Fatty” Portnoy (Jack Black), Kirk Lazarus (Robert Downey,Jr.), Alpa Chino (Brandon T.Jackson) plus aktor muda pendatang baru, Kevin Sandusky (Jay Baruchel). Kecuali Sandusky the rookie, 4 aktor lainnya punya background yg “ajaib; contoh : Alpa Chino, penyanyi rapp yang produk iklan & lagu-lagunya vulgar ajah. Lalu Jeff”Fart”Portnoy, aktor komedi yang memerankan semua tokoh (kayak Eddie Murphy) di 2 sekuel film komedi ttg keluarga Amrik yang gembrot-gembrot & doyan kentut; tapi, di dunia nyata, si Portnoy ini aslinya doyan nge-coke. Then, Tugg Speedman, aktor yang udah main di 5 sekuel film sampe bikin bosen penonton; Speedman berpikir bahwa karir aktingnya bisa naik lagi saat dia main di film “Simple Jack”, memerankan tokoh-dengan-keterbelakangan-mental, meniru keberhasilan Dustin Hoffman di “RainMan” & Sean Penn di “I am Sam” (dan ternyata, perannya Speedman di “Simple Jack” habis2an dipecundangi & dibego-begoin kritikus film). kemudian Kirk Lazarus, five-times-winner-Oscar actor asal Australia yang gak hanya total habis-habisan menghayati perannya di setiap film, tapi juga temperamental abis (figures who?); Diceritakan di film, demi menghayati  perannya sebagai sersan berkulit hitam di film Tropic Thunder, Kirk Lazarus sampai selalu bicara dengan logat orang kulit hitam (bahkan pada saat gak lagi syuting), rambutnya ditumbuhin jadi brindil & dia juga menjalani operasi transplantasi pigmen kulit supaya kulitnya jadi item beneran.

Suatu hari pas take-adegan yang menyentuh antara Tugg Speedman & Kirk Lazarus, Lazarus mengeluhkan Speedman yang gak bisa ikut menghayati adegan, tapi Speedman bilang Lazarus hanya terlalu berlebihan menghayati adegan & bukan salah dia (Speedman) kalo dia gak bisa ikutan nangis karena Lazarus nangis. Sutradara film Thunder Tropic, Daniel Cockburn (Steven Coogan) akhirnya meledak marah gila-gilaan karena stress menangani 4 aktor film itu yang gak cuma banyak maunya, tapi pada manja & bertingkah semua. Suatu hari, Cockburn ngobrol & curhat ke Tayback, si veteran-perang, tentang aktor-aktornya yang manja & gak bisa menghayati film. Tayback dapat ide untuk nge-drop kelima aktor pemeran utama di sebuah belantara Vietnam yang belum tersentuh (yang disebutnya sisa neraka perang Vietnam). Dari hutan itu, semua aktor ditugasi untuk menyusuri sebuah trail menuju sebuah daerah dimana semua kru akan menunggu mereka disitu. Daniel menugaskan, selama perjalanan menyusuri trail, mereka harus terus beradegan & adegan itu direkam di kamera2 tersembunyi. Jadi kayak reality show gitu, sengaja dilepas di hutan untuk “memaksa” para aktor tersebut agar gak manja & menghayati adegan dengan rasa ketakutan yang kental. Rencana awalnya sih keren… tapi semuanya berubah 180º saat sesuatu terjadi pada Daniel Cockburn & saat kelima aktor itu mengetahui daerah apa sebenarnya belantara yang mereka masuki. Kelanjutan ceritanya ? Hehehehe… silakan nonton sendiri ya, atau kalau mau, bisa dibaca disini 😛

kemiripannya dimana, hayo ??
kemiripannya dimana, hayo ??

Banyak yang bilang, film ini agak rasis karena Robert Downey Jr. berperan sebagai aktor kulit putih yang menghitamkan kulitnya agar bisa menghayati peran. Tapi isu rasis ini ditepis banyak orang juga, soalnya murni cuma buat komedi. Sama halnya kayak waktu komedian bersaudara, Wayans brother, yang afro-american, memerankan cewek kulit putih di film White Chicks.

Eniwei, gue dapet satu poster film Tropic Thunder dari google, yang kalo gak rasis yah lumayan bikin ngakak. No offense-lah… 😛 ini posternya :

...perhatikan lingkaran putih dengan tanda panah...
...perhatikan lingkaran putih dengan tanda panah...

… trus, ada yang bisa nebak gak, ini siapa ? Main juga lho di Tropic Thunder…

Nyerah ? Baca aja ini 😉