Horeee sekarang udah masuk puasa hari ke-12! Gimana puasanya sejauh ini, berjalan lebih cepat daripada yang dibayangkan ya? Disini baru kerasa dreadful itu pas hari Minggu kemarin sih; kok yaaaa waktu seperti berjalan lambat sekali. Nggak heran juga sih, hari Minggu, dingin-dingin hujan deras sepanjang hari, cuma bisa slumped di rumah aja. Setiap beres ngerjain apa gitu, pas lihat jam selalu ngebatin “Yaelah masih jam segini???” 😆 Lucunya, di hari-hari biasa dimana waktu dihabiskan dengan sibuk bikin ina-itu, waktu justru terasa berjalan cepat. Lebih cepat.

Eniwei, minggu lalu di hari pertama puasa, sekitar siang bolong waktu sini (yang mana di Jakarta = jamnya beduk bertalu-talu penanda waktu berbuka puasa), adek gue ngirimin foto ini:

Yang bilang gue orangnya tegaan, pasti belom pernah ketemu sama anggota keluarga gue yang lainnya. Terutama adek-adek gue! 😆 Kidding, they are the nicest guy you'll ever meet… In fact, salah-satunya masih single *kok jadi promosiin adek?*

OK, kembali ke foto.

Di tengah-tengah siang bolong gloomy dan masih 7 jam menuju waktu maghrib, I was like: “INI MAKSUDNYA APA INI, NGIRIMIN FOTO MAKANAN BUKA PUASA HARI PERTAMA DI RUMAH TANTE NING? NGAPAIN PAKE ADA ES BUAH SIROP MARJAN SEGALA DISITU?? DAN KENAPA ADA LONTONG ISI ONCOM SEGALAAA??? PAKE SAMBEL KACANG SEGALA? DAN KENAPA ADA BOLU MERANTI JUGAAA???”

…dan lalu gue nangis gerung-gerung di pojokan. Nggak kok, cuma nangis gigit-gigit sofa 😆

Kalo diingat-ingat lagi, buka puasa di Indonesia itu selalu wah ya. I mean, hidangan buka puasanya. Bukan wah yang mewah, tapi… Makanannya berlimpah. Mau apa, segala ada. Apalagi kalo pas acara bukber kumpul-kumpul keluarga. Beuuuhh. Di waktu-waktu inilah rasa menyesal bercampur begah nggak bisa ruku' pas sholat tarawih terasa sangat familiar sekali 😆 Salahsatu kondisi paling ekstrim yang bisa gue ingat, pernah sekali waktu meja makan isinya lengkap. Dari teh manis, kurma, kueh jajan pasar (lontong isi oncom pedes!!!), kue kering, kolak, martabak manis, martabak telur, pempek, batagor, bistik jawa, bakmie goreng, bakso kuah pake sawi, capcay kuah, fuyunghai, sate ayam, sate kambing, pangsit GM beserta kuah asam-manisnya yang gaib itu & ditutup dengan es buah sirop marjan cocopandan. Harus sirop marjan. Harus. Semuanya dijembreng di meja, macemnya buffet smorgasbord a la Swedia yang isinya sagala aya, siap dicicipin satu-satu dan nggak mungkin ngambilnya sedikit-sedikit. Itu baru buffet smorgasbord a la keluarga Jakarta; di Bogor, lebih dahsyat lagi karena hidangan utamanya segala marag kambing, nasi kebuli, mie glosor & pepes-pepesan a la dapur Sunda lengkap dengan lalapannya. Pepes! Lalap! Nasi kebuli! Mie glosor!! Mo nangis gak sih lo, kalo inget ini pas lagi buka puasa pake teh manis & kurma aja?

Pas kemarin buka puasa, iseng gue tanya Baim: kangen gak sama buka puasa melimpah kayak di Indonesia? Trus jadi ngebahas segala isi meja makan pas acara buka puasa bersama. Versi Jakarta & versi Bogor. Sambil cekakakan. Untungnya diskusi tersebut dilakukan pas maghrib setelah berbuka, over a cup of tea. Yakali dibahas tengah-tengah siang bolong, itu sih food masochist banget. Postingan ini pun ditulis tengah malam buta sambil ngemil apple crumble. Tapi ujung-ujungnya, Baim & gue berkesimpulan: yang paling enak itu justru buka puasa minimalis. Macamnya pake teh manis sama cemilan cookies atau kurma aja. Menjaga kewarasan tubuh. Serius. Dalam skala kenyang antara 1 sampai 9, buka puasa di Indonesia itu 10. Disini itu 6 atau 7. Jangan salah, kami masih kangen BANGET sama pesta-pora buka puasa a la Indonesia. Lebih tepatnya, kangen sama makanannya & sama acara kumpul-kumpul keluarganya. Familiar gak sama rasa overwhelmed/pusing/begah yang timbul setelah icip-icip hidangan semeja? Nah, itulah rasa yang nggak kami kangenin dari pesta-pora buka puasa a la Indonesia 😛 Di Indo nggak cuma overwhelmed pusing oleh smorgasbord hidangan berbuka aja sih… Tapi juga pusing sama yang lain-lain: pusing undangan bukber dimana-mana, pusing sama harga-harga makanan yang mendadak naik pas masuk bulan puasa, pusing berlomba-lomba belanja nyetok daging cabe gula dan bawang, pusing sama jalanan Jakarta yang selalu macet total sampai bedug waktu magrih tapi selepas itu mendadak lancar, pusing dengan bombardir komersialisasi bulan puasa di TV (yang isinya jauuuuh dari menenangkan), dan kepusingan-kepusingan duniawi lainnya yang terasa akrab begitu bulan puasa datang.

Tapi mungkin inilah enaknya puasa di rantau. Minus konsumerisme, minus hingar-bingar komersialisasi Ramadhan & somehow kami jadi punya sesuatu yang dikangenin. Sesuatu untuk pulang kembali, meskipun itu sedangkal kangen sama pesta pora masakan rumahan. Atau warungan & gerobakan. Hmmm, martabak manis keju spesial. Dan puasa di rantau juga jadi pembanding, mana yang sebaiknya kami lakukan terkait kebiasaan-kebiasaan saat menjalani puasa. Seneng juga sih pas mau mulai puasa disini itu nggak harus nimbun bahan makanan… hihihi. Harga daging-cabe-bawang hari ini sama sebulan nanti -meskipun sama-sama mahal- tetap nggak ada bedanya kok.

Jujur-jujuran aja, sebenarnya puasa disini terasa jauh lebih lempeng. Godaan dari perut lebih sedikit, nggak ada iklan sirop marjan siang-siang bolong & people don't care whether you are fasting or not. Justru karena orang-orang nggak tahu apakah gue puasa atau nggak itulah yang bikin puasa disini lebih bearable. Lha wong puasa itu apa mereka nggak ngerti, yang mereka tahu cuma just carry on with your daily life, ngapain pake alasan puasa. Which is good, jadi lebih sedikit orang yang melebay-lebaykan kondisi berpuasa di bulan suci ini. So far, ini adalah salahsatu puasa paling tenang yang pernah kami jalani.

Nggak gue pungkiri juga kalau beberapa hari belakangan ini (setelah kondisi Alma agak membaik) gue 'agak' rajin masak & put extra efforts untuk masak makanan Indonesia. Nggak muna kok, Baim & gue kangen masakan Indonesia. Plus, masak adalah salah satu kegiatan favorit gue buat killing time. Tapi ya udah, segitu aja. Beres masak, makan, puas, alhamdulillah. Mungkin seharusnya seperti inilah bulan puasa dilalui, dengan tenang. Puasa dalam kondisi minim gangguan begini sih masih cetek yah… Yang hebat itu kalau berpuasa dalam kondisi yang riuh penuh godaan, tetapi berhasil filtering gangguan-gangguan dalam keseharian yang dijalani.

OK, alarm hape barusan bunyi, tandanya gue musti bangun siapin makanan sahur. Selamat berpuasa, kawan-kawan. Semoga puasanya lancar ya… dan semakin membawa kita pada ketenangan.