Kemarin pas diundang makan siang oleh temen sesama wong Indunisi, gue terlongo-longo liat isi lemari ransumnya. Bumbu masakan Indonesia lengkap bok! Bubuk kaldu penyedap rasa ada ngkali 5 bungkus kemasan gede 😆 Sang teman cerita: bulan lalu dia baru balik dari Indonesia bawa bumbu mentah & bumbu instan sampe nyaris 20 kg. Buset dah, berarti baju dkk cuma 3 kg dong, hihii. Sempet ditawarin buat bawa sekantong bubuk kaldu penyedap rasa tapi malu ah, nggak enak… Meski akhirnya gak nolak juga pas dibekali sebungkus kemiri & bumbu instan gule kari, hahahaa 😆

Pas mau berangkat kesini, gue cuma bawa beberapa kantong bumbu bubuk yang (dari pengalaman selama di Penang) harganya relatif mahal di luar Indonesia. Jadi yang dibawa itu cuma bubuk lengkuas, ketumbar, ngohiong, kayumanis, pala & cengkeh. Kalau diturutin bawa semua jenis bumbu, bisa-bisa sekoper 23 kg abis sendiri untuk bawa bumbu doang. Ternyata tebakan gue benar: harga bubuk lengkuas, ketumbar, ngohiong, kayumanis, pala & cengkeh di sini itu mahal. Eh ralat deh: MUAHAL 😆 Bumbu yang lain-lain alhamdulillah bisa mudah ditemukan meski harganya mengiris-iris hati dan dompet. Eh tapi ada sih satu benda yang nyesel nggak kebawa karena disini versi halalnya mahal: bubuk kaldu penyedap rasa.

Setelah exploring isi rak sayur di supermarket, nemu juga penggantinya bubuk kaldu penyedap rasa. Akhirnya gue pakai jamur kancing a.k.a jamur champignon, cremini, Agaricus bisporus, atau kalau sudah matang: jamur portobello. Jamur kancing mengandung senyawa L-glutamat (macamnya MSG alias monosodium glutamat, familiar?) pembentuk rasa gurih-sedep-ngaldu yang orang Jepang suka bilang sebagai umami. Kalo pake bubuk kaldu penyedap kan kadang2 suka lupa diri masukin segabruk-gabruk. Pakai jamur kancing ini cukup cincang 2-3 bijik aja trus campur ke dalam sup/tumisan/kukusan/saus krim alfredo/adonan isi quiche/bumbu panggang. Tapi pakainya jamur kancing segar ya; kalau yang kalengan aromanya kurang harum. Poin plusnya lagi: jamur champignon ini murah karena sayuran lokal. Tiap belanja mingguan pasti beli 15-20 bijik buat 5-7 kali masak. Sampe nyambel terasi pun gue tambahin ini jamur karena memang bikin harum sedap gurih 😆 Yang cari MSG alami (terutama untuk makanan bayi/balita), silakan dicoba pakai jamur kancing; hasilnya sumpah-serius-super-harum-gurih-aroma-surgawi-buanget. Berikut salah satu resep favorit pakai cincangan jamur kancing untuk bumbu panggang. Jamurnya diaduk bersama bumbu madu. Bisa untuk ayam panggang (1/2 ekor), bisa juga untuk bumbu ikan panggang. Untuk 4 potong fillet ikan, ini bahan-bahannya:

  • 2 sdm minyak
  • 1 sdm lemon juice
  • 4 siung bawang merah, cincang
  • 2 siung bawang putih, cincang
  • 2 jamur kancing segar (atau 4 yang kalengan), cincang
  • 2 sdt bubuk lada hitam
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdt kecap manis
  • 2 sdm madu
  • Secuprit basil+oregano… Atau daun salam selembar pun bisa
  • Gula-garam secukupnya (kalau masih kurang)

Seperti biasa aduk aja semua bahan merata, lalu lumuri & rendam ikannya dalam bumbu selama 15-30 menit.

Susun potongan wortel, brokoli, kentang, tomat & kembang kol di dasar loyang, lalu susun ikan di atasnya, sirami sisa bumbu & taruh sisa cincangan bawang-jamurnya di atas ikan.

Panggang 200'C selama 10-15 menit atau sampai matang. Begitu matang, makan dengan nasi hangat. Oh jangan lupa makannya pake sambel Tracy dong… *jiyeeee yang hepi abis nyetok sambel buat seminggu*

 

As easy as A-B-C, langsung beres jadinya sedap. Yuk ah nasi baru matang nih, markitmaaaakk!