Yak, masih dalam rangka memberdayagunakan pisang-pisang kematengan di rumah. OK abis ini saya ganti resep deh, nggak pake pisang atawa cokelat dulu… biar gak bosyen 😛

Bulan lalu sempat ngoprek resep banana cake jadi chocolava cake. Sebenarnya sama-sama banana cake, cuma ditambahin cocoa aja & dalamnya diberi potongan dark cooking chocolate. And… yes, dikukus juga 😉 Cuma kok jadinya kurang memuaskan, chocolate lavanya kurang meleleh. Ya mungkin karena pake dark cooking chocolate itu kali ya. Trus dimakannya juga setelah agak dingin, bukan pas masih panas. Ya iya ajaaa cokelat lelehnya keburu beku lagi, Aini 😆 Setahu gue molten lava cake itu lavanya dari adonan kue yang masih menuju matang setelah dipanggang. Dipanggang ya, catet. Tsk… jadi makin pengen punya oven.

Yaudah lah yang ada aja dulu diolah. Sekalian ngabisin dark cooking chocolate di kulkas. Oh ternyata juga ada white cooking chocolate & cream cheese. Bikin cream cheese fudge buat topping cake-nya enak juga ni.

Bahan :
3 buah pisang barangan
4 telur
100 gr gula
4.5 sdm bubuk cocoa
150 gr tepung terigu + 150 gr oatmeal
1/2 sdm garam
1/4 sdt baking soda
1 sdm baking powder
120 gr minyak goreng
100 gr dark cooking chocolate, lelehkan
16 blok kecil white cooking chocolate
100 gr cream cheese
2 sdm gula (optional)

-Siapkan panci kukusan, panaskan dengan api sedang.
-Kocok gula & telur sampai pucat mengembang & membentuk pita
-Ayak terigu, cocoa, baking powder, baking soda & garam, lalu campur ayakan dengan oatmeal
-Masukkan pisang lumat & cokelat leleh, aduk rata
-Masukkan campuran bahan-bahan kering sedikit-sedikit sambil diaduk (jangan terlalu semangat ngaduknya), lalu masukkan minyak goreng. Aduk.
-Untuk fudge : Lelehkan cream cheese, white cooking chocolate, mentega & gula dengan di-tim. Aduk rata sampai semua tercampur.
-Tuang adonan ke loyang kue yang sudah dioles minyak/margarin, lalu tuang fudge diatas adonan kue. Dengan tusuk gigi, bentuk pola marmer-asal (dioyek-oyek aja) di permukaan kue
-Kukus selama 30-35 menit, api sedang-besar
-Setelah matang, dinginkan kue di suhu ruang sebelum dimakan 😀

Maskot dapur 😀


Hihi, itu permukaan kuenya mangkak-mangkak, tapi yang penting rasanya enak 😛 Dalam kuenya agak crumbly karena pakai oatmeal. Cream cheese fudgenya juga kerasa, meski cuma fudge jejadian. Kalo kata Baim, ini cake cokelat favorit baru *ihiiiy !* Sama kata beliao : “Catet resepnya !”. Kalo Baim ampe bilang catet-resepnya, berarti enak banget (buat dia). Dan cuma beberapa masakan aja yang dia bilang catet-resepnya, jadi… gue hitung itu sebagai pujian, hahahaa !

Hari ini yang nyisa di kulkas adalah… wortel. Kalau pisangnya diganti sama wortel, sedep juga kali ya ? 😀