Hahaa… judulnya panjang amat ya ? 😛  Banyak yang terjadi, banyak yang pengen diceritain… tapi selama beberapa hari kemarin si laptop “jatuh-sakit” 🙁 Jadi ceritanya di suatu pagi saat si laptop dinyalain, LCDnya malah gak mau nyala. Coba matiin & nyalain lagi… masih juga begitu. Coba lagi, tetap aja sama. Huuwaaaa, adaapa dengan laptopku ?? 🙁

Untung ada Dr. Baim yang terkenal gape & langganan nyembuhin laptop para mahasiswa & dosen di kampusnya. Jadi sementara gue terisak-isak panik *lebay*, Dr. Baim cuma bilang “Ah, ini sih biasa, laptop emang suka gitu. Paling inverternya rusak atau kabel ke LCD-nya kendor”. Trus dioperasi-lah laptop gue tersayang, dipretelin. Hiks… gak tega ngeliatnya.

Usai  si laptop selesai ‘dioperasi’, Dr. Baim bilang : “Kita beli inverter baru aja ya.”

Wah, gue gak ngerti deh itu inverter alatnya kayak gimana & fungsinya buat apa.  “Iya deh, saya nurut aja sama saran dokter,” jawab gue, “Tapi harganya nggak lebih mahal daripada boks-bayi, kan ??”.

Baim ketawa, “Kagak laah. Murah kok. Kalo begini doang dibawa ke service-center, naaah itu baru lebih mahal…”

“Wah… dokter memang hebat !!” 😆

Yaudah, jadilah itu laptop didiemin (baca : diopname) dulu. Barulah pas kemarin malam coba dinyalain…  tiba-tiba aja si laptop bisa nyala lagi. LCDnya langsung nyala ! Halah… kumat-kumatan nih penyakitnya 😆 Tapi sodara-sodara, keajaiban itu memang benar-benar ada ya.  Terimakasih, Dr. Baim !!

Trus… hmm, apa lagi ya ?
Alhamdulillah sekarang udah masuk minggu ke-30. Bulan ketujuh, yippie ! Senin (1/2) kemarin kontrol lagi ke HLWE : tekanan darah 110/70 & berat badan nambah sekilo (…doang, yang mana bikin heran : kemana itu semua makanan yang gue lahap gila-gilaan selama sebulan kemarin ??). Kalau ditotal-total, sampai saat ini udah naik 6 kg. Trus si baby gimana ?
Alhamdulillah sehat… sekarang taksiran beratnya sekitar 1,17 kg, biometric measurement & detak jantungnya bagus. Posisi belum membalik; ngebaliknya ini sih kata dokter diperkirakan pas bulan ke-8 (minggu-32). Yo wis, ntar emaknya harus sering-sering nungging, sujud & melantai deh 😆 Yang jadi concern hanya letak plasentanya masih agak dibawah, dekat mulut rahim (tapi nggak nutup kok). Dokter bilang selama 6 minggu kedepan insyaAllah si plasenta bisa pindah keatas (semogaaa!!). Tiap saat, didoain terus supaya persalinannya dilancarkan & dimudahkan semua-semuanya… baik dimudahkan untuk si baby, untuk gue & juga untuk Baim yang nanti (kudu) nemenin 😀

Di bulan ketujuh ini kami juga udah cari-cari info tentang fasilitas persalinan di beberapa RS di Penang. Gue udah sreg mau di HLWE aja. Banyak teman & saudara yang bertanya kenapa nggak melahirkan di Jakarta aja ? Well, enak juga sih kalau melahirkan di Jakarta; dekat sama keluarga & sahabat, plus nanti pada bisa menjenguk juga. Apalagi pas kemudian keinget kakak & adik-adik kami… whaaa, gue pengen banget mereka hadir setelah persalinan gue nanti, biar si baby segera kenalan sama oom-oom & tantenya yang “bocor” ituh 😆 Jujur, gue pengen bisa begitu. Siapa juga yang nggak kepengen, sih ? Sekarang hamil jauh dari nyokap aja udah bikin gue termewek-mewek 😛 Tapi setelah dipikir-pikir lagi… itu semua bukan pertimbangan utama. Pertimbangan yang lebih utama adalah selain Dr.Lau udah tahu kondisi & profil kesehatan gue sedari awal check-up kehamilan, fasilitas & paket bersalinnya HLWE juga bagus. Kebayang gak kalau misalnya sekarang memutuskan untuk pindah & melahirkan di Jakarta, kami harus nunggu RS menyiapkan segala transfer rekam-medis buat dokter/RS yang baru nanti, trus cari dokter obgyn lagi yang supportif ? Belum lagi kalau harus cek-ulang profil kesehatan ini-itu, serta dengan adanya si kista ini kalo di Jakarta most likely dokternya bakal “nodong” buat melahirkan secara SC… Hyaaah, pusing deh. Jadilah dengan mengucap bismillah, rencana kami si baby tetap dilahirkan di Penang saja. Again, semoga proses persalinannya sehat, normal, lancar & dimudahkan oleh-Nya untuk kami bertiga 🙂 Nggak mau ngoyo gini-gitu (meskipun sebenarnya pengen ini-itu juga 😛 ). Targetnya sekarang adalah melahirkan anak yang sehat secara sehat pula, insya Allah.

Selain surveying maternity-package, kami juga cari info tentang kelas antenatal & senam-hamil di beberapa RS di Penang. Sadly… dua kelas yang dikejar ternyata udah keburu diadakan 🙁 Yang pertama, kelas antenatal & senam hamil di Pearl Maternity Clinic; ini gue lebih ngejar kelas senam-hamilnya. Kata Emme yang pernah ikut disana, program & fisioterapisnya bagus. Yaudah, Januari kemarin minta tolong Baim buat ngontak & nge-take. Pas dikontak ke CP-nya… ternyata kelasnya sudah diadakan & belum tahu kapan bakal diadakan lagi 🙁 Sebel !!

Okay, lepas yang Pearl Clinic, keesokan harinya coba daftar kelas antenatal di HLWE. Seingat gue, di papan informasi & di website-nya disebutkan kelas antenatal akan diadakan di bulan Februari ini. Aman kali yaa, klo dari Januari kemarin nge-take aja buat ikut. Sekalian juga kalau ikut kelas antenatal, bisa ikut ward-tour. Pas ditelepon… ternyata kelas antenatalnya SUDAH DIADAKAN JUGA 🙁 Diadakannya cuma selang beberapa hari dari tanggal gue cek-up kehamilan pas Januari kemarin, dan di papan informasi RS nggak ada pemberitahuan apapun (tiap kali cek-up, gue & Baim selalu iseng baca-baca isi papan informasi… siapa tahu ada pemberitahuan penting, seperti PERUBAHAN TANGGAL KELAS ANTENATAL INI).  Gue tanya-lah, kenapa dimajukan & nggak ada pemberitahuan apapun di website-nya HLWE ? Kata CP-nya, karena Februari ini mau ada perayaan Imlek (Grrrrr !!!! 🙁 ). Kapan lagi akan diadakan ? CP-nya bilang : Mei. Hiiihh… pas itu bayinya udah keburu lahir, kalee.

Bete surete, deh. Sebenarnya gue nggak ngejar tutorial ini-itu yang disertakan dalam program kelas antenatal, tetapi lebih ngejar ke pengenalan breastfeeding & praktek relaksasi, pernapasan & senam hamilnya. Ya sudah, coba cek lagi beberapa RS lainnya, dapat info kalau di RS Adventist & RS Gleanagels ada kelas antenatal juga. Yang di Adventist pas bulan Maret nanti, sementara yang di Gleanagles tiap hari Jumat jam 7.30 p.m. Hmmm, boleh juga sih… tapi kok ya jauh ? Jauh tempatnya, plus jauh lebih mahal pula (dengan isi program yang rata-rata sama) 😛 Belum lagi kelasnya diadakan selepas waktu magrib gitu… kalau pulang malam dari sana, apakah masih dapat jadwal bus pulang paling malam ? Jadi bingung 🙁 *sigh*

Akhirnya pas Februari ini check-up kehamilan lagi, ditanyakanlah ke Dr.Lau tentang seberapa pentingnya ikut senam kehamilan. Jawaban Dr. Lau : “Tak payah… tak payah…” alias nggak penting-penting banget 😆 Beliao lebih menyarankan untuk banyak-banyakin jalan kaki & stay moderately active. “Kalau latihan relaksasi pernapasan kayak yoga gimana, dok ?”. Itu juga boleh, katanya. Biar makin mantep, setelah konsultasi sama Dr.Lau, gue tanya juga ke Ibu : dulu ibu ikut senam-senam hamil gitu nggak ? Dan inilah jawaban beliau via fesbuk :

Wah, Ibu dulu ga pernah senam hamil. Gmn ya, perlu nggaknya coba konsul dokter deh ya. Kata org-tua2 dulu…kalau sdh masuk bulannya, bagus banyak melantai kyk gaya inem tapi ya. Yg jelas, kalau sholat, pas lagi sujud, yg lama deh… OK, selamat mempraktekkan ya… semangaaat… 🙂
OK-lah kalo begitu 😆 Seingat gue juga, Ibu pernah cerita kalau pas jaman hamil Agam (adik bungsu) dulu Ibu banyak jalan & bergerak ngerjain ini-itu. Mungkin sama juga kayak yang Dr.Lau bilang diatas : stay moderately active 😉 Sampai saat ini akhirnya gue membiasakan diri untuk latihan yoga & senam-hamil di kamar aja. Contekannya dapat dari buku, nge-download dari situs HLWE  & dari info disini. Gelar tikar, trus pecilatan sendiri deh sambil ngelirik-lirik contekan. Kalau pas Sabtu-Minggu pagi, latihannya ditemenin Baim. Seru 😆  Tiap hari juga  disempatkan keluar rumah & jalan kaki… lumayan, kalo lagi nggak panas-terik bisa dapet 30-45 menit; entah itu sekedar cuci mata kelilingan di supermarket Sunshine, atau jalan kaki beli makan siang & kelapa muda. Kalau pas weekend, jalan kakinya bisa sekalian ke pantai & keliling mall beli-beli perlengkapan buat si baby 😆 Untuk latihan pernapasan, praktekin tutorial di buku Melahirkan Tanpa Rasa Sakit (Hypnobirting) – Evariny Andriana. Ternyata latihan pernapasan yang dijabarkan dalam bukunya mirip sekali dengan teknik pernapasan & konsentrasi yang dulu diajarin di kelas aikido. Sekarang tinggal mempertahankan niat & rajinnya aja nih, hehee.  Semangaaaat !! (^^)