Rumahnya Aini

Home is where the heart is ❤️

Semprit Cokelat & Nastar Montok

Apalah artinya lebaran tanpa kue kering… Setuju, sodara-sodara?? Setuju aja lah yaa 😆
Kalo mau lebaran ada kue kering, di Indo mah tinggal pesen aja ya. Gue suka pesen ke sepupu gue, Amalia, juragannya Capulaga Bakery Bogor. Atau kalo lagi rajin, bikin sendiri. Atau kalau ipar gak-tau-diri macem gue, tinggal nyengir memelas ke Mutia (adeknya Baim juragannya Arrakis Bakery) yang selalu buka pesenan kue kering & menunggu hibahan dari dia,.. Read More

Rendang ‘Cheating’ & Ketupat Sayur Bumbu Airmata

D keluarga gue ada semacam tradisi masak-masak massal buat acara lebaran. Jadi, rumah kami itu adalah dapur umum tempat masak makanan lebaran. Ibu-ayah nyiapin semua bahan, nyetok di kulkas sampai kasih komando bahan-bahannya harus dimasak kayak gimana. Nah, peraturan buat gue & adek-adek: kalau mau makan, harus mau ikutan masak. Minimal bantuin beberes dapur lah 😆
Suatu hari menjelang lebaran pas lagi ngaduk sayur ketupat, ayah pernah ngomong, “Ntar siapa.. Read More

Catatan Lebaran 1434H

Sebelumnya, mumpung masih dalam suasana Idul Fitri (belum seminggu, kan?) kami keluarga kutub mengucapkan: Eid Mubarak! Selamat Lebaran! Selamat hari raya Idul Fitri! Taqabbalallahu minna wa minkum 😀

Sebenarnya ini bukan kali pertamanya kami lebaran nggak di Indonesia sih… Lebaran tahun 2008 gue & Baim lewatkan di Kelantan. Lebaran pertama as a couple, tuh. Yatapi kan masih deket sama Indonesia, sebelah-sebelahan. Lha tahun ini, lebarannya cuuussss di ujung bumi. Rasanya?.. Read More

Pempek Elite

Minggu lalu, gue & Baim asik ngacai bayangin hidangan yang sama: Pempek. Nggak tau kesambet apa, kok ya bisa sama-sama ngidam pempek… mungkin seperti itulah cinta sejati, ngidam pun kompakan #halah. Dan seperti biasa abis ngacai-ngacai berjamaah, kompakan juga bilang “Bikin yuk!” 😆
Duluuuu banget pernah juga kompakan ngidam pempek barengan, waktu masih di Penang… Waktu gue hamil Alma. DISCLAIMER: ngidam pempek kali ini bukan karena hamil lagi kok. Suwer. Eniwei,.. Read More

The ‘Buka-Puasa’ Smörgåsbord

Horeee sekarang udah masuk puasa hari ke-12! Gimana puasanya sejauh ini, berjalan lebih cepat daripada yang dibayangkan ya? Disini baru kerasa dreadful itu pas hari Minggu kemarin sih; kok yaaaa waktu seperti berjalan lambat sekali. Nggak heran juga sih, hari Minggu, dingin-dingin hujan deras sepanjang hari, cuma bisa slumped di rumah aja. Setiap beres ngerjain apa gitu, pas lihat jam selalu ngebatin “Yaelah masih jam segini???” 😆 Lucunya, di.. Read More

Mie Celor Fusion

Bokap gue ini bener-bener kompor deh klo urusan soal makanan. Waktu gue cerita abis bikin mie Aceh, si Ayah langsung bilang: “Cobain bikin mie celor, Kak! Enak tu, pake santan sama udang!“. Plus si Ibu pake cerita juga weekend mau pada buka puasa di rumah wa' Ida. Uuuwh… acara bukbersam di rumah wa' Ida, most likely pasti ada hidangan mie celor. Slurrrpp.
Dan emang dasarnya gampang dikomporin, jadilah gue bikin.. Read More

Kangen Mie Aceh

Pertengahan Juni kemarin kami diundang ke acara kumpul2 di rumahnya Mas Danu. Sesama wong Indunisi yang jauh2 merantau ke kutub juga. Eniwei, semalam sebelumnya gue ditelepun Fitri yang ngabarin acara mas Danu sambil panik bayinya diare & gak mau berenti2 nangis. Trus ujung2nya curhat, si Mas Danu minta dibuatin bumbu Mie Aceh, pengen makan itu buat acara besok. Dasar gue orangnya baik hati nggak tegaan tidak sombong & rajin.. Read More

Bubur Kacang Hijau a la Mamang Gerobak

Oooh… Akhirnya, kutemukan jua: cara bikin burcangjo a la jualannya mamang2 gerobak 😆
Gue punya kenangan tersendiri sama burcangjo (bubur kacang hijau). Jaman dulu waktu kecil, almh. eyang Ti suka banget beliin bubur kacang ijo dari mamang2 gerobakan yang lewat saban sore di blok rumah. Dan si mamang kacang ijo ini masih jualan loh sampai sekarang. Januari 2013 kemaren gue masih beli. Dedikasi banget yah udah jualan sejak awal tahun.. Read More

Ramadhan 1434H, Musim Panas & Midnight Sun

Sebelumnya, selamat beribadah puasa Ramadhan yaa bagi yang menunaikan. Di Tromsø, 1 Ramadhan 1434H jatuh pada tanggal 10 Juli 2013. Dan ini kali pertamanya perdana puasa di tempat yang nggak segaris sama garis khatulistiwa 😆 Puasa di kutub! Banyak teman-teman yang nanya: ntar puasa di Tromsø gimana, Ai? Enak dooong puasa dingin2?

Jujur aza: cuaca gloomy dingin sepanjang hari kayak foto di atas nggak bikin puasanya jadi enak-enak banget.. Read More

Face-Painting

Children see, children do. Sejak Alma lihat, tahu & ngerti mamanya mewarnai wajah a.k.a dandan, dia minta didandanin juga dong. Dilarang, malah nekad buka-bukain laci makeup manapun yang ngganggur lalu asik pupuran & maenan lipstik 😆 Liat dia dandan celemotan sih lucu… tapi begitu lihat lipstik, bedak & blush grompel-grompel semua, gw cuma bisa menjerit TIDAAAAAKKKK!!!

Melihat dia senang banget mewarnai mukanya, yaudah sekalian aja digambarin! Sebelum2nya sih gue suka pakai.. Read More