2014 ini diawali dengan… Ledakan beruntun kembang api di seantero langit Tromsø, tepat pukul 12 malam. Lupakan acara pesta tahun baru kumpul di tengah kota; disini ternyata nyaris setiap rumah pasang kembang api. Serius, tetangga-tetangga disini tajir-gilak, pada pasang kembang api semuaaa!! Kembang api gede loh, yang kayak gini:

20140106-005118.jpg

Alma sempet bangun sebentar, pas kembang api lagi gede-gedenya. Dari balik kaca jendela kami tersenyum lebar, menikmati pemandangan indah kembang api, sementara tetangga lainnya lihat kembang api di luar, di tengah suhu -1’C, anak-anaknya heboh lihat kembang api sembari gegoleran di atas es. Nyaris setahun disini, kayaknya baru malam tahun baru inilah lihat Tromsø meriah merayakan sesuatu 😛 Mungkin karena setahun sekali juga, maka yaudahlah semua orang splurging beli kembang api gede-gede. Terberkatilah kalian para tetangga, nggak sia-sia bakar duit karena banyak yang ikut nikmatin indahnya si kembang api, hahaa!

Nggak cuma warga Tromsø yang menghadiahi diri merayakan tahun baru dengan kembang api, ternyata alam juga ikut merayakan dengan ngasih hadiah… Penampakan aurora yang Kp index-nya mencapai 5:

20140106-010116.jpg

Sehari sebelumnya ada rilis berita dari NOAA kalau terjadi solar flare kecil yang kemungkinan menimbulkan aurora di bumi sekitar 24 jam ke depan. Jam 7 malam cek ke luar, langit berawan. aaaargh! Jam 8, keluar notifikasi dari aurora forecast kalau muncul aurora level 5. Lihat ke luar, nggak ada tanda-tanda apapun. Jam 9 Baim melongok ke luar, “Akhirnya dia datang…” 🙂 Akhirnya bertiga keruntelan di balkon, mengagumi kemunculan si aurora, diselingi Alma bolak-balik nanya aurora itu apa & kenapa bergerak-gerak. Gue harap Alma mengingat ini sebagai salah satu memori awalnya 🙂

Udah, selesai pestanya? Oh tidaaakk… Karena sejam kemudian ada kejutan lainnya lagi: Sherlock season-3 perdana tayang di BBCOne, wooohooooo!!!
Buat yang ngikutin serial Sherlock, pasti ngerti deh kenapa gue supergirang menceritakan ini. Setelah dua tahun, dua tahun dari sejak episode terakhir di season-2 yang Sherlock lompat dari atap St.Barts tapi ternyata nggak mati, akhirnya ada sambungannya lagi pas 1 Januari 2014 kemarin. Dan disinilah dituntaskan, semua rasa penasaran menggila tentang bagaimana Sherlock bisa nggak mati. Oh by the way, jatuh cinta sama Benedict Cumberbatch adalah salahsatu highlights 2013 gue, mwahahahaa! I mean, gue udah merhatiin dari sejak film Atonement (I know, creepy) & Tinker Tailor Soldier Spy, tapi ternyata…. 😆

20140106-011335.jpg

Happy new year & have a blast 2014! 😀