Tinggal nun jauh di ujung bumi begini seringkali mendadak kangen sama cemilan a la Indonesia. Apa daya nggak bisa beli, apalagi nitip teman, kalau terlanjur ngidam ya akhirnya bikin sendiri. Salah satunya pie susu keju ini… Hmmmm, kebayang dong, dingin-dingin minum teh panas sambil ngemil pie susu keju.

Gue belum pernah beli pie susu sampe ke Bali segala. Malah waktu itu kesampean nyicip karena dioleh-olehin sama sepupu. Banyak yang bilang pie susu ini rasanya mirip egg tart, tapi nggak ah… Egg tart masih kerasa telur-wi yang nggak semua orang suka karena cenderung eneg. Pie susu ini rasanya pas, tipis manis gurih. Tipis disini maksudnya tipis ada rasa-rasa vanillanya sedikit & tipis ukurannya ya 😆

November lalu masih punya sisa kulit pie abis bikin pumpkin pie, diolahlah jadi pie susu keju. Judulnya sekalian-ngabisin-stok: stok maizena, stok susu kental manis, stok keju gulost, dkk dsb dst.

Bahan kulit pie:
150 g mentega (atau mentega + margarin)
1 sdm (munjung) gula halus
1 kuning telur
250 g tepung terigu serbaguna + 1 sdm tepung maizena

Cara membuat:
Dengan garpu atau pisau pastry, campur rata semua bahan hingga adonan berbutir-butir. Padatkan hingga mudah dipulung-pulung, tetapi jangan terlalu lama/terlalu sering diaduk.
Ambil secubit secukupnya, cetak dalam cetakan pie kecil yang sudah dioles margarin tipis-tipis.
Tusuk-tusuk sedikit bagian dasar kulit pie, lalu panggang 5 menit dalam oven suhu 150’C. Sisihkan.

Bahan isi:
1/2 kaleng susu kental manis
200 ml susu full cream atau cooking cream
4 kuning telur, kocok lepas
20 gram tepung custard (atau 15 g tepung maizena + 6 sdm gula pasir + 3 sdm susu bubuk + 1/4 sdt garam, aduk rata)
perasa vanilla secukupnya
100 g keju cheddar, parut

Campur susu kental manis dan susu/krim, lalu masukkan kocokan kuning telur, aduk rata.
Masukkan tepung custard, aduk rata sampai tidak bergumpal. Tambahkan perasa vanilla & parutan keju, aduk rata.
Tuang adonan isi ke kulit pie yang sudah dingin, jangan penuh-penuh. Panggang dalam oven suhu 150’C selama 40-45 menit hingga isi pie menguning.
Angkat dan keluarkan dari oven, diamkan 10 menit hingga hangat, baru keluarkan pie dari cetakan. Dinginkan. Dapat disimpan dalam lemari es atau freezer.

20131212-205815.jpg

Tenang sudah hati ini, di rumah ada stok pie susu keju! 😆 Di resep yang ini, adonan kulit pienya lebih flaky & gurih, instead of renyah seperti biskuit. Dan enaknya lagi, kalau bikin sendiri begini bisa bikin pie susu keju yang agak tebal: cetak pienya dalam mangkuk ramekin, hasilnya lebih besar (pie susu apa kueh bulan? gede amat, hihi) & makannya pun jadi lebih puas 😆

20131212-205808.jpg