Salah satu running gear yang menurut gue agak ribet adalah running belt & armband yang buat naro hape di lengan itu. Eh, ini mah jadi 'salah dua' ya. Mungkin orang lain pada suka pakenya, tapi gue nggak. Risih aja ngerasain ada benda plek nempel ke badan. Akhirnya lebih suka ngantongin hape-kunci-dompet kartu di dalam kantong legging lari. Tapi masalah baru: kantongnya legging kan kecil seemprit gitu. Kantongin kunci & hape di jaket, jadinya malah krincing-krincing dan gundal-gandul. Ih, mo lari enak aja serbasalah begini 😆

Baruuu semalam pas buka online shop cari jaket windbreaker, eh lihat benda yang namanya arm pocket. Ya mirip-mirip armband sih, sama-sama dipake di lengan atas buat nyelipin hape. Trus browsing-browsing lagi, ada juga yang namanya wrist wallet. Ih lucu juga, tapi lebih kecil daripada arm pocket. .. Ini sih cuma muat duit recehan. Dasar wanita: yang tadinya mo beli jaket aja malah meleng, pengen arm pocket & wrist wallet juga. Untungnya, tadi pagi ada satu insiden yang agak-agak bikin kuchiwa sama kualitas kaos lari yang baru beli dari Jekardah. Kenapa 'untungnya'? Karena nekad nggunting lengan kaosnya maka jadi kepikiran bikin persilangan wrist wallet & arm pocket = wrist pocket 😉 Wrist pocket berikut ini memanfaatkan lengan baju yang ada bolongan buat jempolnya ya. Jadi kalau mau pakai lengan baju yang nggak ada bolongan jempolnya (istilahnya apa sih tuh?), ya antara kudu ngebolongin sendiri atau bikin yang nempel ngepas di pergelangan tangan aja.

Bikinnya gampang. Pertama-tama gunting pisahin dulu si lengan panjang dari bajunya. Trus balikin, bagian dalamnya jadi di luar. Kecilin lebar sleeve-nya seukuran yang agak ngepas dengan lingkar lengan bawah (di atasnya pergelangan & dibawahnya sikut); semat dengan jarum pentul lalu jahit (gambar 1).

Bagian pangkal lengan yang ada bekas guntingan dirapikan ujungnya dengan disom, lalu lengan bajunya dibalik 1/2. Jadi sekarang lengan bajunya kaya dilipat dua (kebayang gak? Kayak yang gambar 2 tu), bagian pangkal lengannya nyaris ketemu sama tepian ujung lengan baju.
Next, tepi sambungan kain dekat bolongan jempolnya dibelah dikit, tapi jangan digunting sampai bolongan jempolnya lepas; sisakan 1 cm aja. Rapikan masing-masing tepi kain bagian yang tadi dibelah (gue pakai tusuk feston), lalu lipat overlapped ke bawah, menutupi tepi pangkal lengan yang satunya lagi (gambar 3). Lipatan overlapped ini sebenarnya untuk tutupnya wrist pocket. Biar tutupnya ketahan nggak ngglewer-ngglewer, ujung-ujung belahan tadi dijahit-mati, atau disemat pakai kancing/bros atau aplikasi apalah gitu biar jadi aksen lucu aja. Hasilnya kira-kira seperti ini:

Jadi deh, wrist pocketnya. Bagian bolongan jempol di sleeve-nya masih bisa dimanfaatkan untuk cantolan wrist pocket di tangan. Mirip kayak pakai manset lengan, cuma tepi ujung dekat pergelangan dicantolin ke jempol & mansetnya ini dibikin berkantong. Buat gue yang kalau lari lebih suka tangannya sambil megang sesuatu (daripada pakai running belt/armband yang menempel risih ke badan), pakai wrist pocket ini cucok laa. Meski nggak benar-benar sambil megang sesuatu, tapi bendanya masih nempel dekat ke tangan & ngambilnya nggak susah 😉