Sebelumnya, mumpung masih dalam suasana Idul Fitri (belum seminggu, kan?) kami keluarga kutub mengucapkan: Eid Mubarak! Selamat Lebaran! Selamat hari raya Idul Fitri! Taqabbalallahu minna wa minkum 😀

Sebenarnya ini bukan kali pertamanya kami lebaran nggak di Indonesia sih… Lebaran tahun 2008 gue & Baim lewatkan di Kelantan. Lebaran pertama as a couple, tuh. Yatapi kan masih deket sama Indonesia, sebelah-sebelahan. Lha tahun ini, lebarannya cuuussss di ujung bumi. Rasanya? Sudah pasti campuraduk.

Tahun ini, 1 Syawal 1434H jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013. Boleh dibilang, lebaran tahun ini ekstra istimewa. Udah istimewa, pake ekstra pula. Kenapa ekstra istimewa? Flashback sebentar ke lima tahun yang lalu, di Lombok 7 hari setelah akad nikah kami tanggal 8 Agustus 2008. Waktu hanimun itu, iseng gue nyeletuk: “Im… Asik juga nih kalau lima tahun lagi, kita ngerayain anniversary ke-5 di Lombok lagi!“. Baimnya cuma mesem-mesem sambil bilang “Ntar yee… Nabung dulu!

Lima tahun kemudian, bertepatan dengan hari lebaran kemarin… cita-cita ngerayain ultah perkawinan kelima di Lombok belum kesampaian. Instead, malah pergi ke tempat yang nggak pernah kami duga sebelumnya: lebih jauuuuh, lebih mejik & lebih indah. Alhamdulillah. Dimanapun lah Im, asal sama kamu, inshaAllah aku bahagia 😉 #eciyeeee #supergombal #ngarepdikadoinNeverfullDamier.

Karena tanggalnya amprokan sama wedding anniversary, jadilah lebaran kemaren pake bumbu-bumbu airmata haru-biru. Apasiiihh Ai. Tapi yah dasar lelaki yaaah, sampe pagi jadi siang & siang jadi sore, belom juga tuh keucap “Happy anniversary, sayang!”. Pas gue tanya “Papa iiihh… sampe jam segini kok belom ngucapin hepi eniperseri sih??”

Dengan lempengnya Baim ngangkat muka dari layar komputer & bilang, “Oh iya yah?”

“Iyaaa… Kan spesial ini, amprokan sama lebaran pula!”

“Yaudah deh… Happy anniversary ya, sayang. Mohon maaf lahir dan batin.”

“….”

…trus balik lagi dia ke layar komputer, maenan ProEvolution Soccer 😆 Giblik iiiihhh si Baiiimm!! Mana neverfullnya, manaaa??? *ini minta diucapin apa minta neverfull sih sebenernya?* Yatapi yaudah lah #pasrah aja.

Eniwei,

Lebaran nyiapin apa aja? Nggak nyiapin apa-apa. Nggak ikutan ngantri mengular di supermarket nyetok makanan. Ya mana ada ngantri mengular, lha wong orang sini nggak ngerayain lebaran. Palingan cuma pagi-pagi melek mata, kami langsung facetime sama keluarga di Jakarta & Bogor. Nangis nggak? Nggak dooong, hahaha… Karena nangis-nangis kangennya udah semalam sebelumnya, pas gue masak sayur ketupat sambil facetime sama ibu-ayah di rumah 😆 Jadi deh itu sayur ketupat bumbu airmata.

Kata Baim, rasa sayur ketupatnya mirip sama buatan ayah. Tapi masih ada yang kurang. Iya sih, disini kan nggak ada bubuk serundeng buatannya ayah. Dan telur pindang kuah areh bikinannya ibu. Huhuhuuu. Trus, kok bisa disini dapet ketupat? Bisa dooong… Asal kreatip. Di supermarket ada jual nasi boil-in-bag. Untuk hasil ketupat yang agak padat, kantong plastik nasinya diikat sedikit pakai benang kasur. Trus direbusnya agak lamaan aja biar nasinya rengket jadi ketupat. Supaya ketupatnya wangi, cemplungin selembar daun pandan ke air rebusannya 😉 Apapun lah demi bisa ngerasain makan ketupat, hahahaa!

Beres facetime, kami berangkat shalat eid ke Tromsøhallen. Dewan pengurus mesjid minjem Tromsøhallen buat tempat shalat karena di mesjid Al Nor nggak muat. Shalat eidnya mulai jam 10, tapi hall sudah dibuka dari jam 9. Dari rumah jalan kaki sekitar 30 menit kesana, nggak sampe 3km. Mau naik bus, nanggung… sayang kredit buscardnya. Sekalian olahraga pagi. Pagi lebaran itu sepi & dingiiinn banget. Sepuluh derajat celcius untuk ukuran summertime ya dingin lah yaa. Alma ngotot mau pakai baju 'princess'nya, nggak mau pakai boots, nggak mau pakai coat, nggak mau didorong pake stroller pula 😆 Yaudahlah pakein legging wool, kauskaki dobel & jaket ajah.

Masuk pengkolan menuju Tromsøhallen, baru deh keliatan muslim-muslimah lainnya lagi jalan ke tempat shalat. Ternyata cukup banyak yang dateng & merayakan idul fitri. Ada kali 200-an orang. Sepanjang jalan menuju hall, Baim pelan2 menggumamkan takbir. Gue? Nangis 😆 Kerasa banget idul fitri di tanah air yang biasanya supermeriah, sekarang disini senyap & tenang. Nggak ada suara takbir, kalo bukan kita sendiri yang ngucapin. Apalagi pas masuk hall, dengar takbir dikumandangkan live oleh muadzinnya. Di shalat ied inilah kali pertamanya selama enam bulan gue denger lagi suara takbir live. Ya mewek lagi deeeh. Tapi justru ini yang bikin lebarannya kerasa banget.

Di pintu masuk Tromsøhallen, ada ibu-ibu Norwegian yang bikin stall nyediain waffle gratis buat yang nggak sempet sarapan dari rumah. Bayangkan di pagi-pagi dingin berkabut trus ngemilin waffle panas ngebul-ngebul berlumur sour cream & strawberry jam. Bless you, bu 😉 Di dalam hall setelah saf paling belakang sudah berjejer meja-meja panjang berisi segala cemilan, kue, pudding & roti-roti manis yang disiapkan ibu-ibu mesjid Al Nor, buat dimakan bersama seusai shalat ied. Alhamdulillah, bless you semuanyaaa. Alma langsung panik begitu lihat segala kue & pudding berjejer di meja, narik-narik gue minta diambilin 😆 Sabar ya Neng, kita shalat dulu baru abis itu makan.

Seru deh mengamati suasana shalat ied kemarin. Full of festivity, muslimahnya pada dandan cantik-cantiiikk & muslim dari Rusia ternyata ganteng-ganteng #plakk! Ketemu juga sama teman-teman dari Pakistan, Bangladesh, trus dikenalin ke sesama muslimah yang Norwegian. Kalau suasananya begini, kerasa banget deh yang namanya Islam itu ya without borders. Di luar pas kami lagi ngobrol sama mas Yusuf (sesama mahasiswa Indonesia yang nyasar ke kutub), ada cowok bule abis lari pagi nyamperin kami & nanya “Are you guys having a big party there? Like, celebrating something?”

Heran kali yee dia, lihat kok banyak orang pada ngumpul di hall 😆 Kata temen sih serame-ramenya orang sini bikin pesta, nggak pernah sampe serame acara shalat ied ini, hihii. Kemudian kami jelasin kalo hari ini sedang ada perayaannya muslim holiday.

“You mean like the… Eid day?”

Yes! Today is the eid day, we're celebrating it right now”

Oh! Congratulations, congratulations!” ucap si cowok tersenyum lebar, lalu kembali lari diiringi ucapan terimakasih dari kami bertiga yang cengar-cengir hepi.

Sampai di rumah… sambel goreng udang, semur betawi, ketupat sayur & rendang sudah menantiii! Tadinya kami mau bikin openhouse kecil-kecilan gitudhee, sekalian belom pernah ngundang temen2 sesama wong Indunisi ke rumah. Tapi ternyata kebanyakan pada lagi summer holiday, ada yang pulang ke Indonesia juga & ada yang hari itu masuk kerja. Jadi yasudahlah menjamu yang pada available aja. Seneng sih, biar cuma berempat tapi lebarannya kerasa indonesiawi. Makan-makan ketupat sayur & minum teh botol sosro KW-super & es blewah sambil ngobrol ngalor-ngidur. Kurang sambil nonton Srimulat aja nih.

Jadi… gimana lebaran di kutub, Ai? I daresay: SERU 😆 Penuh haru-biru mah pasti lah yaa… Namanya juga lebaran di rantau. Pengalaman baru yang beda banget. Asyik juga silent Eid macam begini. Tadinya kami pengen ngibing kemanaaa gitu mumpung lebarannya amprokan juga sama summer holiday. Tapi ya nantilah kalau jadwal ngajarnya Baim udah settled. Bisa diatur, itu. Jadi, lebaran tahun depan mau coba pengalaman baru yang lainnya? Mengunjungi KBRI di negara mana, gitu? *aamiin!* 😆

So… how was your eid, friends?