Enam hari tanpa handphone… adalah enam hari terpanjaaaaangg, teraneh & terhampa dalam hidup saya.

Serius, ini nggak lebay.

Pernah ngebayangin (atau mengalami) sehari aja gak pegang henpon ? Saya bertanya ke teman-teman & nyaris semua kompak menjawab senada : “Gila lo, gak bisa idup lah gue kalo henpon mati, apalagi kalo ilang !” atau “Lupa bawa BB aja gue mati gaya !”. Ini bukti betapa lemahnya manusia jaman sekarang, hidupnya dikendalikan oleh keberadaan benda elektronik sebesar telapak tangan itu. Sad but true, alat komunikasi jadi berasa kayak jimat keramat yang harus dibawa kemana-mana seharian. Gitu gak sih ? Gue gak mau bilang/ngaku begitu… tapi nyata-nyatanya kebanyakan dari kita (?) memang seperti itu saat memperlakukan BlackBerry, aifon atau apapun lah smartphone gadget yang dipunya. Soalnya itu benda keramat adalah alat komunikasi sekaligus penghubung dengan dunia pelarian yg dikenal sebagai social media (itu loh… facebook & twitter). Bayangin aja kalau semua itu lenyap bersama padamnya si henpon… nunggu antrian 5 menit bakal terasa kayak 5 tahun kalo nggak sambil BBM-an atau update status. Saat henpon mati, jadi nggak bisa cari aktivitas pelarian untuk menghindari orang yang iseng ngajak ngobrol-ngobrol (apalagi kalau ternyata orangnya bau kelek). Gak usah gitu deh… batere henpon lowbatt aja kita langsung terbirit-birit nyari charger & tempat colokan listrik :lol

Jadi di suatu Sabtu siang saat henpon gue “bleppp !” mati, ya udah deh. Wassalam, langsung merasa terasing dalam hidup gue sendiri. Gak bisa bales sms konfirmasi belanjaan dari online shop, gak bisa janjian ngibing bareng tante Ning, gak bisa baca sms dari ibu yang nyuruh ngangetin makanan ato masak nasi, gak bisa apdet gosip seru ibu2 di twitter, gak bisa ngedraft buat blog, dan yang paling utama : gak bisa fotoin pose-pose ajaibnya Alma. Aaaaaaaaarrrrrgghh… *nangis cakar-cakar pipi ditengah hujan*

Belum lagi didalam henpon yang mati itu tersimpan semua foto Alma, draft tulisan, catatan kesehatan Alma (sampe ada grafiknya), catatan belanjaan, wishlist & to-do-lists, bahan bacaan pdf., nomor telepon penting serta alamat email dari contacts… PLUS kumpulan resep Annabel Karmel !! Oooh jangan lupakan, catetan resep itu penting buangget !

Iya aja gw shock pas si henpon mati. Lha wong baru mulai beroperasi 2009 kemarin. Sedih juga, karena itu adalah hadiah ulanhtahun dari Baim. Gak pernah ada tanda-tanda kerusakan apapun pula, tiba-tiba “blepp !”.
Begitu shocknya mereda, gue langsung melirik galak ke tersangka utama perusak si henpon, yang lagi mojok di playpen ngegigitin boneka kelinci sambil cengengesan bengis. Yes, Alma. Dia hobi bangeeeet merebutΒ  & merampas henpon siapapun untuk kemudian dilemparnya begitu sajah. Para oom, tante & eyangnya menganggap lempar-melempar henpon itu lucu… sampai ketika henpon mereka sendirilah yang Alma lempar jauh-jauh. Tapi gue curiga kalau jangan-jangan ini adalah rencana terselubung Alma untuk membuat emaknya less tweeting & berhenti mengaplod pose-pose ajaibnya via twitpic. Aku yang membuatmu terkenal di twittverse, nak… aku ! Akuuu ! *lebay ala sinetron*

Tapi gak baek ah curiga sama anak sendiri. Akhirnya gue menemui dokter Baim sambil membawa si henpon untuk meminta diagnosa penyebab kematiannya. Mungkin nggak sih karena keseringan dijadiin objek latihan tolak peluru sama Alma ? “Mungkin aja sih,” jawab Baim, “Tapi sini aku periksa dulu”.

Beres dioprek & dinyalakan kembali… eh ternyata henponnya bisa nyala lagi ! *YAAAAY !! * TAPI… layarnya tetap aja gelap, nggak ada gambar maupun tulisan apapun yang muncul. Blah. *nggak jadi yaaay*

“Tapi kamu masih bisa ngejawab telepon masuk, sayang ! Itu yang penting, fungsi mendasarnya sebuah henpon !” ucap dokter Baim, entah untuk membela diri atau menghibur gue.

“Iye bisa terima telepon masuk… tapi aku bisa tahu siapa yang nelepon, nggak ?”

“Emmm… Nggak.”

“Aku masih bisa buka phone book, mencet nomer, nelepon orang, balesin sms, balesin email, ngetwit, dan foto-fotoin Alma, nggak ?”

“Nggak.”

“Yah sami mawon, atuh !”

“Ehehehee…” Baim cengengesan, “Ya sekarang kita jadi tahu kalau yang rusak tu layarnya. Henpon kamu kan model yang layarnya digeser. Dugaanku sih rusaknya di LCD flex cable, sambungan kabel yang nyambungin layar sama badan henpon.”

“Ooo… gitu. Kayak kejadian sama laptopku dulu yah ?”

“Iya”

“Bisa dibenerin gak ?”

“Bisa… tapi bakal lama.”

“Oh…”

“Dan aku nggak tahu kalau di Jakarta dibenerinnya dimana, berapa & berapa lama. Mending dibetulin Penang aja, kalau menurut aku.”

“OH.”

Gue & dokter Baim pun terdiam. Berpandang-pandangan. Dan… sepertinya ini saat yang tepat untuk bilang ke Baim :

“Kalau gitu… BELIIN AKU HENPON BARU AJA DEH. Ya ? ya ? yayayaya ?”

“JYAAH !! Maunya !”

“Ya abis layarnya rusak begitu, benerinnya baru ntar pas kita ke Penang lagi. Kan masih lama itu,” gue merajuk, “Lagian benerin layar kan biasanya mahal… Jadi mending sekalian beli baru aja dong ?”

“Hmmm…”

“Ya ?”

“Hmmm…”

“Ya ya yayayaa ? Buat aku sih nggak usah yang mahal-mahal, sayang… Xperia X10 ajah !”

“JYAAAH !! Gak mahal apaan, tuh ?? Inget kemaren abis ke acara financial plan, inget katanya mo nabung buat sekolah Alma…”

“Ya tapi kan henpon rusak itu darurat…”

“Ya udah pake ericsson merah dulu aja.”

“Kan ditinggal di Penang…”

“Ya udah, ntar aku lihat-lihat dulu deh.”

YES !! πŸ˜†

Jadi… dimulailah hari pertama gue tanpa henpon. Hadeuuuh, gatelnya ini tangan ! Mana hape Baim nggak bisa digerecokin pula karena akhir2 ini Baim harus sering mengontak ke Penang. Plus,gue juga nggak sabaran tiap kali pakai hapenya Baim karena modelnya bukan touchscreen & masih pakai trackball… *belagu ih*

Belum lewat hari pertama, cobaan kedua pun datang : laptop mulai menampakkan tanda-tanda kesoakan dengan lebih sering ngehang daripada biasanya (karena ini juga makanya saya semakin jarang ngeblog *alesan !*). Kenapaaaa oh kenapa si hengpon & laptop rusaknya bersamaan πŸ™ Mau nangis… iya kalo duit gue gak berseri, bisa ganti laptop sekaligus hengpon baru layaknya ganti obat ketek. Lha kenyataannya dana darurat aja masih dibikin, gimana mau ujug-ujug ganti laptop & hengpon baru ?

“Nanti kita pikirin bareng ya mana yang harus diganti duluan,” ucap Baim sambil menghibur gue. Gue cuma bisa manggut-manggut aja.

Hari kedua tanpa hengpon. Bolak-balik minjem hape Baim untuk kirim sms penting. Lalu waktu ibu tanya mengenai beberapa hal yang poin-poinnya gue catet di notes dalam henpon, gue cuma bisa bilang “Semua di hapeku bu. Lagi rusak, mati total”. Begitu pula pas harus bales sms penting, mau nelpon DSA-nya Alma, ngerjain beberapa tulisan. Hiiiks, berasa banget jadi repot begini kalau henpon mati total.
Tapi ada bagusnya juga : gue jadi punya waktu ekstra buat baca buku. Aaah… kangen juga sama aroma kertas buku πŸ˜† Trus meski sementara waktu nggak bisa ngikutin gosip-gosip seru di twitter, gue jadi cekakakan sendiri pas iseng nonton acara gosip di TV *lho kok???* Diatas semuanya, adalah Alma yang mendapatkan apa yang dia mau : ibunya full attention menghabiskan waktu bersama dia, tidak terpecah-belah antara bermain & bertweeting-ria πŸ˜† Dan gak ada drama Alma menjerit protes saat gue berusaha ngumpetin henpon dari dia. Well, acara ngumpetin henpon itu sebenarnya jadi games ketangkasan buat Alma juga sih πŸ˜† Cuma kalo tiap kali Alma berhasil ngambil hape gue trus dilempar ke lantai ya males juga lah.

Lanjut ke hari ketiga tanpa hengpon. Ah, ternyata gue masih bisa hidup meski 72 jam gak megang henpon πŸ˜› Brarti emang guenya aja yang rada lebay memperlakukan benda tersebut. Pas ada kesempatan login ke twitter & facebook, sempat curcol kalau ini adalah hari ketiga gue tanpa henpon. Rata2 teman kemudian berkomentar : “Ih hebat bangeeeettt ! Gue nggak bakal bisa begitu !” πŸ˜† Anehnya, membaca komen teman-teman bikin gue jadi merasa “bisa” & kuat; kayak orang-orang di perkumpulan AlcoholicAnonymous yang merasa mampu lepas dari ketergantungan karena mendapat dukungan & pengakuan yang positif dari rekan sesama peer-group sesi terapi. Gyahahahaaa… parah nih, segitu kecanduannya ya gua sama si hengpon πŸ˜†

Di hari ketiga itu juga Baim datang membawa kabar : mau ganti henpon baru gak ? Kalau mau, yang kayak gimana ? Waduh… baru juga mulai sembuh dari kecanduan henpon, eh ini udah disodorin ide buat ganti henpon baru πŸ˜† *plakkk!* Akhirnya gue iyakan tawaran Baim dengan syarat henponnya bisa wiFi & 3G, enak untuk ngetik, kameranya cukup bagus, harus merk henpon yang lagi promo + harganya masuk akal (berarti nggak BlackBerry, apalagi iPhone). Syarat utama : harus Android. Yeah, gw udah jatoh cinta sama si robot ijo ini πŸ˜‰ Cari disana-sini berdua Baim, ternyata ada beberapa yang cucok. Selebihnya mau beli yang mana, pilihannya gue kembalikan ke Baim.

Hari keempat, kelima & keenam tanpa hengpon. Ah, ternyata bumi masih berputar… burung-burung berkicau riang… matahari bersinar cerah… dan gue masih hidup πŸ˜† Ada bagusnya juga ternyata dengan tewasnya si henpon. Gue jadi lebih menikmati dunia nyata daripada berkutat hidup di dunia maya (yang mana ternyata dunia maya itu lebih sinetron daripada sinetron di dunia nyata !). It’s a bliss ! Dan ternyata… hidup gue juga nggak sebegitu sibuknya πŸ˜› I mean, the emails can wait. Enak juga ya, jadi benar-benar menikmati & ngurusin hidup sendiri. Dan terasa sekali semakin punya banyak quality time buat melakukan banyak hal. Ah emang guenya juga kali yang selama ini sok sibuk, hehee.

Di hari keenam itu juga Baim bilang “Yuk kita beli henponnya ! Kamu mau yang mana, sayang ?”. Sebenarnya dari semua merk & tipe yang dipilih sudah ada keputusan mau beli yang mana. Tapi anehnya, gue mendadak biasa aja & menyerahkan keputusan mau-beli-yang-mana kepada Baim. “Pokoknya kalau kamu udah lihat modelnya, terserah kamu aja mau beliin yang mana. Aku mah nurut aja.”

Rencananya, Baim akan ke ITC Ambassador sepulangnya dari Kedubes Malaysia untuk hunting henpon. Gue nggak ikut. Lepas jumatan, Baim berangkat & sampai lagi di rumah jam 4 sore. Hmmm, cepat juga ya. Sembari melepas sepatu & naro ransel, Baim bilang kalau “…di Global Teleshop handphone-nya sold out, sayang.”

Gue diem. “Oh gitu…”

“Gapapa ya ?”

“Ya udah nggak apa-apa kok.”

“Beneran ?”

“Iya, nggak apa-apa. Kita masih bisa beli yang tipe lain. Cari yang lebih murah lagi aja yuk ?”

Baim diem aja ngeliatin gue. “Oh, OK.”

“Beli yang pake OS Bada juga boleh, kata kamu Bada lumayan bagus kan ?”

“Bagus, bagus kok…” ucap Baim sambil ngeluarin dokumen-dokumen dari ransel, “Eh tau gak ? Tadi abis dari Global, aku sempet ke toko sebelah lho.”

“Oia ? Ada yang bagus gak disana ?”

“Ada, keren banget. Aku sempet coba-coba gitu. Nih, coba lihat deh…”

Gue mendekat. Baim mengeluarkan sebuah kotak… dan…

ITU HENGPON YANG GUE MAU !!!

AAAAAA !!!

image

 

Seandainya gue gak lagi gendong Alma, itu Baim pasti langsung gue tomprok & peluk sambil jejeritan girang πŸ˜† “Makasih, makasih makasiiiiih sayang !!” ucap gue berkali-kali, girang sekaligus nangis ! haha, iya, nangis ! Cengeng banget ya gue πŸ˜› Baim selalu tahu gimana bikin kejutan buat gue πŸ˜†

Pas ada kesempatan jalan-jalan bertiga, kami nyobain si Garmin didalam henponnya buat nyari rute jalan-jalan. Ada pilihannya juga, rutenya mau dilalui dengan jalan kaki, sambil naik mobil atau naik kendaraan umum. Baru dua pilihan pertama yang kami coba. Ih gaya amat, udah bertahun-tahun idup di Jakarta masih sok-sokan nyari rute pake GPS πŸ˜† Dan gue kira sebelumnya pakai henpon dengan keyboard touchscreen itu rebyek, ternyata enak juga ya buat ngetik. Aaah… aku cinta suamiku & henpon hadiah darinya *peluk henpon*

Semakin nggak sabar pengen ke Singapoh & kembali ke Penang buat cari rute baru menjelajahi kota πŸ˜† Atau ke kota-kota lain yang pengen kita pengen kunjungi itu, Baim ?