Di suatu pagi yang cerah, matahari bersinar hangat… Burung-burung bercericip riang… aroma seduhan teh menguar harum, tercium dari dapur. Pagi yang nyaman untuk duduk berdua di sofa, menikmati roti bakar sambil nonton berita di MetroTV.

Dalam keheningan, tiba-tiba ketenangan di pagi itu rusak oleh sebuah ucapan (atau pintaan ?) yang tercetus dari mulut gue :

“Baim… aku pengen makan Pempek, deh.”

Mata Baim mengerjap. “Pempek ?”

Gue mengangguk, “Iya.”

“Yang… yang pake cuko itu ??” tanya Baim, memastikan.

“Iya. Pake cuko yang banyaaak, sama taburan bubuk ebi… trus pake potongan timun. Hmmm, kayaknya enak deh.”

“… Buat makan siang, kan ?”

Gue menggeleng, “Nggak. Sekarang, buat sarapan. Asem-asem gurih gitu kan enak, Im… Uuuwh, aku udah pengen makan itu sejak aku di Penang.”

Dari ekspresi horror yang kemudian terpancar di wajah Baim, kayaknya Baim tahu kalau harinya nggak akan bisa tenang & damai lagi sebelum dia mendapatkan pempek tersebut πŸ˜†

Sepuluh menit kemudian, berbekal list warung penjual pempek dari gue, Baim sudah melesat bersama ojek menjelajahi wilayah Bendungan Hilir & Pejompongan… demi tiga potong pempek kapal selam (ya, bukan hanya sepotong… tapi tiga potong). Yeah, i know… rada-rada gila sih ngebet sarapan pempek pagi-pagi begitu πŸ˜› Dan ternyata gue harus menelan kekecewaan bahwa jam segitu belum ada tukang pempek yang buka… even Pempek Benteng langganan gue di daerah jalan Bendungan Jatiluhur sono.

“Warungnya belom ada yang buka, sayang…” ucap Baim di handphone, berlatar belakang suara angin & kemacetan khas BenHil Raya di pagi hari.

“Pempek Benteng ?? Belom buka ?? Biasanya jam segini udah buka…”

“Belom buka…”

“Pempek Elektra di deket pom bensin ??”

“Sama juga…”

“Pempek abal-abal di depan SD 05 & 07 ??” tanya gue menggila. See, demi bisa makan pempek, gue sampe rela menurunkan standar kelezatan pempek idaman gue. “Demi” banget, ya.

Di seberang sana Baim menghela napas, “Belom buka semua, sayang. Nanti aku cariin lagi deh pas agak siangan.”

“Tapi, aku pengen pempek, Baim…”

Ah, gue benci banget kalo jadi irrasional begini… iya sih, gue tahu jam segitu belom ada tukang pempek yang buka. Lagipula, pempek bukan pilihan sarapan yang “waras”, mana ada orang yang makan pempek buat sarapan ??
Tapiii… gue udah kadung pengen makan pempek. Period.

“Gini aja deh… Aku beliin bubur ayam Cirebon aja, gimana ? Dari waktu di Penang kamu kan pengen banget makan Bubur Ayam Cirebon, tuh… Ntar aku minta abangnya banyakin tongcai & kecap asinnya, deh “ tawar Baim kemudian, desperate.

Aaaaw, manis sekali… Baim bahkan ingat kalau gue sukaaa banget bubur ayam yang ditaburi banyak-banyak tongcai & kecap asin…

…tapi itu tidak merubah keinginan gue untuk menggasak Pempek, saat itu juga.

“Nggak mau… Aku pengennya Pempek !!”, gue tetap keukeuh. Yeeeh, gue kan pengennya makan pempek, masa’ akhirnya makan bubur ayam… Pempek sama bubur ayam mah kagak ada mirip-miripnya, pikir gue.

“Atau… mau aku beliin Gudeg Abiyoso Pejompongan ? Aku beliin nasi gudeg aja, ya ? Semalam kan kamu bilang pengen makan gudeg sama sambel krecek tuh… Ya, ya, ya ?? Gimana ?”,

“Aku mau Pempek !! Aku kan ngidam nasi gudeg-nya tuh buat besok !” (… emangnya ngidam bisa direncanain, ya ?? πŸ˜† )

Baim menghela napas lagi. Berat. “Aduh… tapi pempeknya belom ada yang buka, sayang…” Kali ini suara Baim makin terdengar makin desperate. “Gimana dong ? Kalau mau, nanti siang sekalian deh aku temenin kamu ke Cafe Sebrang di Plangi, kita makan Pempek disana. Atau ke Fatmawati, makan Pempek Pak Raden. Kamu boleh nambah semangkuk Sop Tekwan deh…”

“. . .”

“. . .”

“… sayang ?” tanya Baim, takut-takut, “Gimana…? Mau aku beliin bubur ayam ? atau nasi gudeg ?”

“Terserah.”

“Lho, yang mana nih…?”

“Terserah, kamu aja yang pilih”, ucap gue bete, sambil mengusir impian melahap pempek yang udah terlanjur bikin gue ngeces-ngeces… Serius, air liur gue sampai pooling & nyaris menetes keluar tatkala bayangan tiga potong pempek kapal selam panas bersiram kuah cuko & ditaburi bubuk ebi banyak-banyak, menari-nari di benak gue…

… ternyata begini ya deritanya kalo ngidam belom kesampaian, hikssss πŸ™

Sepuluh menit kemudian, Baim tiba di rumah membawa seperangkat nasi gudeg kumplit favorit gue, lengkap dengan tempe bacem, telur pindang areh & sambal krecek, dibayar tunai… (ini makanan apa mas kawin ?? πŸ˜† ). Sambil membuka nasi gudegnya, dengan wajah berseri-seri, suami gue berseru “Sayaaang, ini nasi gudegnyaaaa ! Whuiiiih, enak banget, lhoo…!”

Gue, di meja makan, hanya menatap nasi gudeg tersebut dengan tatapan kosong. Hmmm, enak sih… but still, bukan pempek. Cuma yah laki gue udah capek-capek kelilingan BenHil-Pejompongan, yah dimakan saja. Gue mulai melahap sesendok… dua sendok… tiga sendok… sambil beberapa kali “diganggu” oleh Baim yang ikutan nyendok juga. Iiiih, ini mah judulnya Baim yang ngidam nasi gudeg ! πŸ™ Dendam membara deh gue, kenapa jadi malah Baim-nya yang makanin nasi gudeg ??? πŸ™

Hari pun berlalu… impian melahap pempek pun terpaksa ditunda karena siangnya gue mabok. Begitu pula pas malamnya.

Keesokan harinya saat siang-siang lewat di daerah bendungan jatiluhur, mobil yang kami naiki melewati warung Pempek Benteng. Seketika, alarm di otak gue berbunyi & impian melahap pempek pun terbangkitkan. Spontan gue berseru : “Baiiiiim… sayaang, Stop di depan pempek Benteng !”

“Hah ??” tanya Baim bingung, sambil buru-buru menepikan mobil, “Katanya tadi pengen mie Aceh ??”

“Nggak jadi, aku pengen makan pempek ajah.”

Limabelas menit kemudian, gue kembali ke mobil membawa tiga potong pempek kapal selam yang harum aroma gurihnya menguar semerbak… mengalahkan aroma interior mobil. Dengan senyum puas yang terkembang lebar, gue memeluk bungkusan pempek di pangkuan gue. Dari sudut mata, gue melihat Baim yang sedang nyetir sesekali melirik ke bungkusan pempek… sembari mulutnya mengecap-ngecap drooling πŸ˜†

pempeksubmarine
p.s : gambar ini hanyalah ilustrasi semata... Pempek aselinya tampak lebih lezat daripada gambar ini, hahaa

Dua potong pempek kapal selam langsung gue gasak-bersih sesampainya di rumah. Benar-benar bersih, sampai kuah cuko-nya pun gue tenggak, dan bubuk ebi-nya gue jilatin πŸ˜† Alhamdulillah… benar-benar mammamia lezzatos !! Baim yang duduk di samping gue cuma ngeliatin aja sambil menelan liur,

“Pempek-nya enak yah, sayang ?” tanya Baim sambil menatap potongan pempek ketiga di mangkuk gue, bersimbah kuah cuko dan potongan timun.

“Enak !! Enak buangetttt !!”

“Uhh… aku bagi dong. Boleh, nggak ?”

“NGGAK !!”

“Yaah, kok gak boleh ? Aku pengen…” pinta Baim memelas, “Bagi dooong…”

“NGGAK BOLEH !” seru gue lagi, kali ini sambil menjauhkan mangkuk pempek itu dari jamahan tangan Baim, “Ini khusus buat aku sama si baby.”

“Huhuhuuu… kamu jahat… Aku nggak dibagi.”

Gue tertawa puas…

… karena dendam terbalaskan, dan ngidam pun terpuaskan πŸ˜†