…akhirnya, setelah 7 bulan merantau 😀 (dooooh, segitunya… baru juga 7 bulan… nyebrang selat doang, pula).

Setelah bolak-balik ditanyain “Kapan pulang ??” (selain ditanyain “Kapan “isi” ??”) & menahan-nahan kerinduan terhadap keluarga, sahabat, sate padang & kecap Bango sampai termimpi-mimpi… akhirnya tengah Maret kemarin kesampaian juga pulang  😀 Sebenarnya acara pulang ini udah direncanakan sejak akhir Desember tahun lalu, waktu itu gue lagi iseng browsing promo tiket murah di Airasia.com. Hehee… gak bisa tahun baruan di Bangkok atau KL, cukuplah berpuas diri dengan browsing harga tiket & gambar-gambarnya aja di internet 😛

Pas lihat-lihat promo-nya, wah… Maret 2009 ada promo tiket murah, Penang-Jakarta-Penang. Tapi cuma sampai 10 April. Gue kasih tahu ini ke Baim. Setelah berunding, berunding, berunding & menghitung duit yang kami punya masing-masing, kami memantapkan diri : “It’s now or later (pas lebaran ntar aja, maksudnya)”. Akhirnya, mantaplah kami menukar 2 tiket dengan seluruh tabungan kami yang bisa dikumpulkan saat itu… demi bisa pulang & membayar hutang rindu, yang harusnya dibayar dengan pulang lebaran tahun lalu 😛

Setelah Desember itu memesan tiket, praktis tabungan kosong & harus hidup-ngirit sampai Maret nanti. Huhuhu, tak mengapa… toh nanti akan terbayar dengan kegembiraan saat pulang ke kampung halaman, bertemu keluarga & sahabat tersayang. Saat Baim bertanya “Kamu udah ngasih tahu ibu-ayah kalau kita mau pulang ?”, sebuah ide-pun muncul. Gue tersenyum lebar & menggeleng. Baim heran, “Lho ? Kenapa ?”

“Mau bales ngagetin ayah-ibu !!” jawab gue mantap, “kan ngasih surprise, Im… Lagipula aku nggak mau ngerepotin ibu-ayah”. Hahaa… masih jelas banget di ingatan gue pas usai idul adha 2008 kemarin, ayah & ibu mendadak dateng ke Penang. Jadi judulnya bales-dendam, gyahahahaaa… (ups)

“Kamu mau ngagetin bunda & abah juga nggak, Im ?” gue balas bertanya ke Baim.

Baim menggeleng, “Nggak ah. Kalo pulang diam-diam trus ngagetin mah gue dulu udah sering, hehee…” jawab Baim, nyantai. “Yaudah, aku bilang ke abah-bunda atau Mutia aja ya kalo kita mau pulang, tapi ntar kuminta buat nggak ngasih tahu ayah-ibu.”

Gue nyengir, “Siiiipp !!! Pokoknya jangan sampe bocor ya !”

Seminggu sebelum pulang, stres psikosomatik menyerang gue, entah kenapa. Perut gue jadi sering mules-mules, gue jadi sering mimpi buruk… mimpi pesawat yang gue tumpangi meledak, atau mimpi tiketnya nggak bisa dipakai & mimpi-mimpi aneh lainnya seperti gue mau makan sate padang favorit gue, tapi telat karena warungnya udah tutup. Ditambah dengan munculnya bintik-bintik merah serupa alergi bermunculan di lengan gue, bruntus-bruntus & terasa sangat gatal sekaligus perih. Norak banget ya, padahal udah mau pulang. But honestly, sejauh-jauhnya gue pernah berada di luar kampung halaman, nggak pernah kayak begini sebelumnya. Baim yang melihat kondisi aneh gue ini hanya berujar, “Sabar aja, sayang… ntar kalo udah sampe di Jakarta, alerginya pasti sembuh.”

Rabu sore tanggal 18, semua koper sudah dikemas, rumah sudah dibersihkan, siap untuk ditinggal. Malamnya bersama Rash kami menuju bandara di Bayan Lepas. Pada kertas boarding-pass, tertera waktu keberangkatan pesawat yang akan kami tumpangi : 21.35 waktu Penang. Dengan estimasi lama penerbangan sekitar 2 jam 30 menit plus  perubahan zona waktu, kira-kira jam 22.30-an kami akan mendarat di Cengkareng. Penerbangannya lancar, kami satu pesawat dengan banyak warga Malaysia yang tergabung dalam satu grup tur besar, yang selama perjalanan tidak henti-hentinya berceloteh “…Jakarta”, “…Tanah Abang” & “Bandung”. Hehe, udah kebayang deh mereka mau ngapain aja disana 😛

Jam 22.30 WIB kami mendarat di bandara Soekarno-Hatta. Setelah melewati bagian imigrasi, mengambil bagasi & mencari-cari taksi yang aman, kamipun melaju meninggalkan bandara, menuju daerah Jakarta Pusat. Rindu perlahan terkikis saat taksi yang kami naiki membelah gelap-temaramnya Jakarta di malam hari, dimana jalan-jalan tampak sepi & riuhnya kota terredam, kehidupan hanya tampak dari kerlip lampu kota, beberapa tukang ojek & pedagang asongan yang masih mangkal di tepi jalan & satu-dua kendaraan yang lewat menyusul taksi kami. Hanya satu hal yang tampak mengganggu : poster, umbul-umbul & spanduk kampanye parpol tampak terpasang dimana-mana… di tembok, di tepi jalan, di pagar-pagar bangunna, bahkan di batang pepohonan. Yah, memang sudah masuk musim kampanye, ternyata… Nasib deh, kami malah disambut oleh senyum-seringai palsu para caleg yang terpampang dalam spanduk tersebut.

Namun, selebihnya tidak banyak yang berubah, terutama lingkungan di sekitar rumah. Taksi pun merapat di depan pagar rumah. Usai kami menurunkan bagasi & membayar sopir taksi, gue & Baim membunyikan bel rumah. Sekali. Dua kali. Tiga kali. Wah… nggak ada jawaban, kayaknya bel rumah masih aja rusak 😛 Lagipula kalaupun nggak rusak & berbunyi, ibu-ayah pasti udah bablas tidur. Yaudah, kami missed-call aja HP-nya ayah. Sekali, dua kali…

“Eh, kayaknya ada orang yang ngintip di jendela tuh,” ucap Baim kepada gue yang mulai berpikir untuk melompati pagar & mengetuk kaca jendela rumah, “…kayaknya itu ayah”.

Benar, nggak lama kemudian terdengar suara ceklak-ceklek kunci pintu rumah dibuka, dan keluarlah ayah… masih dengan tampang dreamy baru bangun tidur. Komentar pertama ayah adalah : “Lah ??? Pada pulang… ? Kok pulang… ? Eh, pada pulang !!!”

Ibu, yang juga terbangun (mungkin karena mendengar ayah bangun & suara kunci pintu rumah dibuka) hanya menatap kami gue & Baim (yang masuk rumah menenteng koper sambil cengar-cengir kuda), loading… maklum, baru bangun tidur 😛 Kemudian berujar : “Ya ampun… ini… pulang, kak ? Beneran pulang, kak ?”

Gue nyengir, Baim nyengir. Lalu ibu melanjutkan : “Kakak, kalo ibunya jantungan gimana ? Ini pada ngagetin aja, pulang nggak bilang-bilang… !?”

Malam itu sampai jam 2 malam, kami melek, ngobrol-ngobrol sambil bongkar isi koper, mengeluarkan beberapa oleh-oleh buat rumah & menyiapkan oleh-oleh yang mau dibawa ke Bogor. Rencananya, gue & Baim mau berleha-leha sepanjang hari Kamis, malamnya sowan ke Tante Ning. Lalu, Jum’at-nya kami ke Bogor. Ibu juga ngasih tahu kalau  Sabtu siang Ali-Agam pulang ke Jakarta.

“Huaaah, pantesan aja kemaren Ali-Agam pada bilang mau pulang ke Jakarta !! “ seru Ibu, “Ibu lagi mikirin, apaaa ya yang bikin ibu curiga…? Oh, iya, waktu kamu dari hari Selasa kemaren nanya-nanya ke ibu terus : “Ali Agam pada pulang ke Jakarta nggak, Bu ?”. Biasanya kamu nanya gitu pas weekend, ini dari hari Selasa kemaren udah nanya-nanya…”

Gue cuma cengar-cengir aja, hepi. Yang penting, rencana gue pulang diem-diem berhasil !! 😀

Selain abah, bunda & Mutia (adiknya Baim), yang tahu kalau gue & Baim mau pulang adalah Ali-Agam & Kiky, (sobat gue). Setelah ke Ibu & ayah, gue masih mau menjalankan rencana “ngagetin” ini ke tante Ning & tante Nus. Pas sowan ke tante Ning, Yu Tun lerlongo-longo melihat gue & Baim, “Ya ampun, Kakak pulaaaaanggg !!” seru Yu Tun excited, sambil bukain pintu pagar.

“Psssstttt !!! Jangan sampe ketahuan tante Ning, Yu Tun… Aku sengaja mau diam-diam, heheee…  Tante Ning lagi ngapain ?”

“Lagi mandi, kak…”

“Ya udah, aku nunggu di ruang tamu ajah… ntar kalo tante Ning nanya, Yu Tun bilang aja ada tamu nyariin tante Ning…”

“Iya, Kak…” jawab Yu Tun, tersenyum lebar, “Kakak mau dibuatin apa ? Teh manis hanget ? “

“Hehe, boleh Yu Tun… sama kalo ada makanan, aku mau dong… heheee…”

Pas Yu Tun ke dalam, terdengar suara tante Ning dari kamar mandi bertanya siapa yang datang. “Ada tamu, nyariin den Nining…” jawab Yu Tun.

“Siapa tamunya, Tun ?”

“Cewek sama cowok… berdua aja dateng, nyariin den Nining. Aku ambilin baju aja ya buat den Nining, dibawain ke kamar mandi…?”

“Nggak usah, Tun… udah mau selesai kok. Tamunya sekarang dimana ?”

“Aku suruh nunggu di depan, den… di ruang tamu”

Yang tante Ning nggak tahu, gue & Baim lagi terngikik-ngikik geli di ruang tamu, nyaris guling-guling…

Beberapa saat kemudian, terdengar lagi suara tante Ning memasuki ruang tamu. “Mana tamunya, Tun ?” tanya tante Ning sebelum menemukan kami yang lagi cengar-cengir di sudut ruang tamu, dan kemudian ganti berseru “NORAAAAAKKKK…!!! Kirain siapa tamunya !!!??” . Gue & Baim puas terngakak-ngakak ketawa…

Lain halnya pas sowan, ke rumah tante Nus di Bogor. Sebelum kesana, gue iseng nelepon ke rumah tante Nus…  sekalian nge-cek, apakah penghuni-nya lagi ada di rumah atau tidak. Yang angkat telepon si Tita, sepupu gue. “Lagi pada ngapain di rumah, Ta ?” tanya gue menyelidik.

“Ibu lagi tidur, Kak… kalau si Krisna lagi mau ngaji. Aku baru pulang sekolah. Nih kakak nelepon dari Penang ya ?”

“Oooo… gitu…”, jawab gue, “Iya nih, aku kangen aja. Makanya iseng nelepon kamu nih, Ta…”

Pas gue ke rumah tante Nus, sepiiiiii banget. Biasanya baru berdiri di pagar, suaranya si Krisna lagi bengo’-bengo’ udah kedengeran sampe keluar. Baim & gue berseru “Assalamu’alaikuuuumm…!!”, gak ada yang berseru membalas. Gue bunyiin bel, gak ada yang keluar & bukain pintu. Terus-terusan aja gue & Baim mencet bel lagi & berseru-seru, sampai kemudian terdengar suara teriakan membahana dari dalam rumah :

“IBU…!!!!! IBUUUUUU…!!!!! ADA KAKAK SAMA KAK BAIM, BUUU !!!! ADA KAKAAAAKKK…!!! KAKAK DATENG…!!!”

Buset dah, kenceng juga ternyata suaranya si Tita… 😛

Anyhoooo… dengan semua reaksi “kaget” itu, bisa dibilang rencana gue BERHASIL lah !! Heeee… 😛