Bikin ini gara-gara apaaaa ?

Yes, gara-gara pas ke KL nyicipin Swedish Meatballsnya IKEA šŸ˜† Uuuuughh… itu dagingnya yang padat-padat legit & rasa creamy gravy sauce & lingonberry jam masih kebayang-bayang sampe sekarang. Camkan kalimat berikut : Kalo ke IKEA, beli Swedish Meatballs aja ! Serius, nggak lebay (kecuali kalau tinggal di negara yang mayoritas penduduknya non muslim yah). Eh, apa ? Mau beli yang lain ? Camkan lagi : beli Swedish Meatballs aja šŸ˜† Oh sama beli Daim Cake juga ya, itu juga enak & bikin nagih hihihii… *OOT*

Kemarin pas pulang dari KL itu berdekatan dengan idul adha. Sudah bisa dipastikan : warung nasi tempat gue & Baim menggantungkan kelangsungan hidup pada TUTUP. Oh OH TIDAAAKKK *lebay dikit* Dapet bocoran, tutupnya pun lebih dari 3 harian. Kayaknya si kakak warung balik kampung nih. Yaudah deh, turun gunung lagi ke dapur.

Untung di kulkas masih ada daging giling yang belum sempat diolah jadi makanannya Alma. Sekalian dibikin makanan yang bisa Alma makan juga. Yang keinget pertama kali : Swedish Meatballs. Percobaan kali ini pakai resep dari simplyrecipes, bikin 1/2 resep dulu. Kalau buat perut gue-Baim-Alma bisa buat jatah makan 2 hari. Oia, untuk dagingnya gue ganti semua pakai daging sapi. Lebih bagus pakai daging giling yang lean meat (lemaknya sedikit), tapi kalau adanya daging giling biasa pun gapapa lah. Berikut ini 1/2 resep yang sudah dimodifikasi yaa…

Resep (untuk 4-5 porsi) :

  • 1 buah bawang bombay, parut/cincang halus
  • 2 sdm mentega
  • 1/3 cup susu
  • 3 lembar roti, buang kulitnya, potong kecil
  • 1 butir telur (atau 2 kalau telurnya kecil)
  • 450 gr daging giling
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt bubuk pala
  • 1/2 sdt bubuk kapulaga (saya ganti bubuk kayumanis)
  • 1 sdt bubuk lada hitam

Saus (untuk sausnya saya pakai 1-resep) :

  • 6 sdm mentega
  • 1/3 cup terigu
  • 950 ml kaldu daging sapi
  • 1/2 cup krim masam (sour cream)
  • Salt
  • 2 – 4 sdm selai lingonberry atau cranberry/red currant/raspberry (optional)
  • Tambahan side dish : brokoli & wortel kukus (lumuri olive oil + bubuk oregano) & mashed potato (1 kg kentang kupas, kukus, tumbuk bersama 2 sdm sour cream + lada + garam + gula + 1 sdt mentega)

Cara masaknya :

1. Tumis cincangan bawang bombay bersama mentega dengan panas sedang, sekitar 3-4 menit (sampai bawang layu). Angkat & sisihkan sampai agak dingin

2 Dalam mangkuk terpisah, campur potongan roti & susu. Diamkan 15-20 menit atau sampai roti lunak-basah menyerap semua susu. Haluskan roti menggunakan blender.

3 Tambahkan tumisan bawang bombay ke blenderan roti. Masukkan bahan-bahan lainnya -daging, telur, garam, bubuk pala, bubuk kapulaga & lada hitam. Aduk remas-remas sampai nyampur rata.

4 Basahkan tangan & bentuk bulat-bulat adonan daging sebesar ukuran yang bisa dicaplok mulut. Kemarin pas bikin dapatnya hampir 30 butir meatballs.

5 Dengan penggorengan teflon, panaskan mentega pakai api sedang-besar. Saat mentega mencair, kecilkan apinya lalu masukkan beberapa meatballs. Jangan kepenuhan, goreng seluruh meatballs secara bertahap. Hati-hati saat menggoreng, jaga supaya meatballs tidak pecah. Cukup masak meatballs sampai permukaannya mulai kecoklatan; jangan terlalu matang. Setelah meatballs matang, angkat-tiriskan dari minyak-mentega, atur di wadah lain & tutup. Gunakan minyak bekas menggoreng untuk membuat saus.

6 Sekarang… mari kita buat sausnya. Oia, cium dulu minyak-mentega bekas menggoreng meatballs; kalau berbau gosong, buang & ganti dengan 6 sdm mentega yang baru. Lelehkan mentega dengan api kecil-sedang, lalu perlahan masukkan terigu ayakan sambil diaduk terus. Aduk terus sampai terigu mengental halus & berubah warna kecoklatan jadi roux.

7 Panaskan kaldu, lalu tuang sedikit-sedikit ke roux sambil terus diaduk. Awalnya akan sedikit bergumpal-gumpal, tapi aduk terus sampai gravy mengental & licin.

8 Kecilkan api, lalu masukkan meatballs yang sudah matang ke gravy. Tutup wajan & masak api kecil selama kira2 10 menit. Masak bergiliran sampai semua meatballs habis.

9 Keluarkan meatballs, susun di piring saji. Tambahkan sour cream ke sisa gravy dalam wajan. Panaskan sebentar asal tercampur rata. Tuang gravy di atas meatballs. Makan bersama mashed potato, sayuran kukus & selai lingonberry/cranberry (yang ini gue nggak pake :-P)

Silakan dinikmati !

Trus kemarin nggak semua meatballsnya dimasukin ke gravy. Beberapa dicemplungin ke saus spaghetti. Hehee, nyasar dikit ya kita ke selatan yang lebih hangat. Masih cucok ternyata kalau dicampur ke saus yang ada tomatnya.

Kalo kata Baim sih, swedish meatballsnya enak. Ini kata dia, dan pernyataan tersebut diberikan tanpa ada hunusan pisau dapur šŸ˜› Alma pun makannya juga lahap-hap-hap, dia suka banget wortel kukus siram gravy. Syenangnya. Jadilah si swedish meatballs ini penyelamat perut kami selama warung-warung pada tutup. Tapi kalo menurut gue… masih enakan yang IKEA punya ah. Meatballs ini masih dalam kategori nyaris menyamainya, huhu. Apa dagingnya ya yang kurang afdol ? Gue pakai daging yang biasa sih, bukan lean meat. Mungkin buatan gue lebih tepat dinamakan sebagai Swedih Meatballs, soalnya agak-agak menyedihkan punya ekspektasi bisa menyamai kelezatan meatballsnya IKEA šŸ˜†

Kata Otty, akang Jamie Oliver juga punya resep swedish meatballs… yang ini bukan, Ty ? Mo coba bikin ah pake resepnya si akang… hihi.